Uyun, Qurrotul (2021) Efektifitas Permainan Sains Penggabungan Warna Tehadap Aspek Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B di TK Muslimat 2 Khodijah Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Cover_PIAUD.pdf Download (296kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf Download (59kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf Download (87kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Abstrak_PIAUD.pdf Download (147kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Daftar_Isi_PIAUD.pdf Download (259kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_BAB I_PIAUD.pdf Download (407kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_BAB IV_PIAUD.pdf Download (814kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (153kB) |
|
Text
Qurrotul Uyun_20170701062048_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi.pdf Download (94kB) |
Abstract
Kata Kunci: Permainan Sains, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan bahwa perkembangan kognitif pada anak belum berkembang dann pengetahuan anak akan warna sangat minim. Sehingga perlu diberikan stimulus kepada anak usia dini, salah satunya dengan melakukan permainan sains penggabungan warna. Peneltian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas permainan sains penggabungan warna terhadap aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen, yang sengaja dilakukan untuk membangkitkan timbulnya suatu keadaan. Populasi pada penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Muslimat 2 Khodijah yang berjumlah 32 anak. Dan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling atau pengambilan secara acak yakni hanya mengambil 20 anak untuk dijadikan sampel, dan dibagi menjaid 2 kelompok yakni 10 anak untuk kelompok eksperimen dan 10 anak untuk kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang akan diolah dengan menggunaka program aplikasi SPSS versi 22. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat efek dari permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan hasil yang diperoleh adalah thitung= 13,397 dengan nilai signifikansi 0,05 pada ttabel= 2,262. Karena nilai Sig. (2-tailed)= 0,000 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat efek dari permainan sains penggabungan warna terhadap aspek perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Muslimat 2 Khodijah. Jadi artimya H0 ditolak dan Ha diterima karena dalam penelitian ini terdapat efek dari permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71F ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:23 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2585 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |