Strategi guru IPS dalam mengembangkan ranah afektif siswi kelas VII di SMP Plus An-nur Akkor Palengan Pamekasan

Sudaryanto, Moh (2021) Strategi guru IPS dalam mengembangkan ranah afektif siswi kelas VII di SMP Plus An-nur Akkor Palengan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Moh Sudaryanto-18201501080034-Sampul-TIPS.pdf

Download (69kB)
[img] Text
c. Moh Sudaryanto-18201501080034-Halaman Persetujuan-TIPS.pdf

Download (439kB)
[img] Text
d. Moh Sudaryanto-18201501080034-Halaman Pengesahan-TIPS.pdf

Download (268kB)
[img] Text
e. Moh Sudaryanto-18201501080034-Abstrak-TIPS.pdf

Download (72kB)
[img] Text
f. Moh Sudaryanto-18201501080034-Daftar Isi-TIPS.pdf

Download (66kB)
[img] Text
g. Moh Sudaryanto-18201501080034-BAB I-TIPS.pdf

Download (152kB)
[img] Text
h. Moh Sudaryanto-18201501080034-BAB II-TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
i. Moh Sudaryanto-18201501080034-BAB III-TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
j. Moh Sudaryanto-18201501080034-BAB IV-TIPS.pdf

Download (151kB)
[img] Text
k. Moh Sudaryanto-18201501080034-BAB V-TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
l. Moh Sudaryanto-18201501080034-Daftar Pustaka-TIPS.pdf

Download (83kB)
[img] Text
b. Moh Sudaryanto-18201501080034-Pernyataan Keaslian Tulisan-TIPS.pdf

Download (175kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Ranah Efektif, IPS Pembelajaran sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada standar proses pendidikan yang tercantum di dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP). Khusus pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) harus memperhatikan pengembangan menyeluruh aspek siswa, yaitu aspek jasmani, akal dan rohani. SMP Plus AN-NUR Palengaan dalam pembelajarannya termasuk kategori yang sangat baik, akan tetapi guru�guru masih ada kesulitan dalam hal mengembangkan ranah afektif pada siswi, sehingga berkaitan perasaan, emosi, suasana hati yang berupa rasa sedih, gembira, senang, takut, cemas dan lain sebagainnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dua persoalan pokok, sehingga menghasilakan fokus penelitian. Pertama, Bagaimanakah strategi guru IPS dalam mengembangkan ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan; Kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengembangan ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan; Ketiga, Apa dampak dari strategi guru IPS dalam mengembangkan ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di SMP Plus An- Nur Akkor Palengaan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Plus An-Nur Akkor Palengan Pamekasan, sehingga penggalian data dalam penelitiaan ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi yang bertujuan untuk menganalisa dalam setiap aspek untuk mendalami fokus penelitian dan untuk mengungkapkan secara terperinci dan jelas. Peneitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan Pertama, Strategi guru IPS dalam mengembangkan ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan adalah dengan metode reseptif dengan menggunakan media dan ceramah; Kedua, Faktor pendukung dalam strategi pengembangan ranah afektif dalam pembelajaran adanya fasilitas dan buku bantuan, sedangkan faktor penghambat, yaitu Perbedaan karakter, Pasif dalam pembelajaran , dan Daya serap siswa yang tidak sama dari setiap individu; Ketiga, Dampak dari strategi adanya rasa empati dan sikap dan konsep diri, ketidak siapan siswa dalam niat dan kurangnya minat dalam diri seorang siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:22
Last Modified: 12 Apr 2022 02:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2586

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item