Muchlis, Muchlis (2021) Strategi Pengasuh Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Membaca Kitab Pada Santri di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Muchlis_ 20160701010123_sampul_ Pai.pdf Download (272kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_HALAMAN_ PERSETUJUAN_ Pai.pdf Download (258kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ halaman_ pengesahan_ Pai.pdf Download (245kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ABSTRAK_ Pai.pdf Download (185kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ Daftar_ Isi_ Pai.pdf Download (186kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ BAB I_ Pai.pdf Download (508kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ BAB II_ Pai.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ BAB III_ Pai.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ BAB IV_ Pai.pdf Download (442kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ BAB V_ Pai.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ DAFTAR RUJUKAN_ Pai.pdf Download (391kB) |
|
Text
Muchlis_ 20160701010123_ KEASLIAN TULISAN_ Pai.pdf Download (339kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Pengasuh, Semangat Belajar Fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan selalu mengupayakan dan menangani setiap ada permasalahan yang terjadi, termasuk didalam kegiatan proses belajar mengajar salah satunya ialah ketika para santri mengalami kejenuhan belajar membaca kitab pada saat proses belajar mengajar belangsung. Maka dari itu pengasuh Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan berinisiatif menggunakan strategi yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu dengan cara mengkombinasikan anatara metode pembelajaran klasik dengan metode modern, agar nantinya dapat meningkatkan semangat belajar para santri dalam membaca kitab. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana strategi pengasuh dalam meningkatkan semangat belajar membaca kitab pada santri di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung strategi pengasuh dalam meningkatkan semangat belajar membaca kitab pada santri di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, strategi pengasuh dalam meningkatkan semangat belajar membaca kitab pada santri di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan diantaranya ialah dengan cara mengkombinasikan antara metode konvensional dengan metode pembelajaran modern, seperti metode yang digunakan yaitu: metode sorogan, metode bandongan, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode resitasi (pemberian tugas), dengan mengkombinasikan metode tersebut diharapkan dapat membangkitkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor yang dimiliki oleh setiap masing-masing santri. Kedua, faktor penghambat dan pendukung strategi pengasuh dalam meningkatkan semangat belajar membaca kitab pada santri di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan, diantaranya yaitu faktor penghambatnya kurangnya motivasi sehingga menyebabkan santri bermalas-malasan dalam mengikuti proses pembelajaran membaca kitab Adapun faktor pendukungnya yaitu lengkapnya sarana dan prasarana seperti meja, kursi, alat tulis, dan refrensi-refrensi yang ada di perpustakaan Pondok Pesantren Hidayatun Najah Proppo Pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 01:41 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 01:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2785 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |