Waqiah, Waqiah (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perkembangan Konsep Diri Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurus Sholah Batulabang Akkor. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Waqiah_1838109211_Cover_BKPI.pdf Download (67kB) |
|
Text
c) Waqiah_18381092121_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (103kB) |
|
Text
d) Waqiah_18381092121_Lembar_Pengeshan_BKPI.pdf Download (193kB) |
|
Text
e) Waqiah_18381092121_Abstrak_BKPI.pdf Download (33kB) |
|
Text
f) Waqiah_18381092121_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (80kB) |
|
Text
g) Waqiah_18381092121_BAB I_BKPI.pdf Download (230kB) |
|
Text
h) Waqiah_18381092121_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
i) Waqiah_18381092121_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
j) Waqiah_18381092121_BAB IV_BKPI.pdf Download (238kB) |
|
Text
k) Waqiah_18381092121_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
l) Waqiah_18381092121_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (88kB) |
|
Text
b) Waqiah_18381092121_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_BKPI.pdf Download (152kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perkembangan Konsep Diri. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Dengan kecerdasan emosional tersebut seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasan dan mengatur suasana hati. Kemampuan ini ditandai oleh adanya dimensi, yaitu kemampuan mengenali diri, kemampuan mengelola emosi, kemampuan untuk memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan konsep diri merupakan persepsi dan penilaian seorang individu atas dirinya sendiri secara menyeluruh, baik fisik, psikologis, maupun sosial. Calhoun dan Acocella membagi dimensi tersebut menjadi tiga, yaitu pengetahuan, harapan, dan penilaian. Ada 2 rumusan masalah yang menjadi kajian kajian dalam peneletian ini, 1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan konsep diri siswa MTs Nurus Sholah Batulabang Akkor? 2) Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan konsep diri siswa MTs Nurus Sholah Batulabang Akkor?. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan konsep diri siswa MTs Nurus Sholah Batulabang Akkor. Instrument penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan pada siswa dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden di ambil dengan teknik sampling jenuh. Data yang didapat di analisis menggunakan metode regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosonal (X) berpengaruh signifikan terhadap perkembangan konsep diri siswa (Y). Hal ini terlihat dari nilai thitung 2,660 lebih besar dari ttabel 1,677 dan nilai signifikansi 0,011 kurangg dari 0,05. Kecerdasan Emosional (X) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangn konsep diri siswa (Y) dengan nilai Fhitung 7,076 lebih besar dari Ftabel 3,19, dan nilai signifikansi 0,011 kurang dari 0,05. 2) Besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan konsep diri siswa bisa dilihat dari hasil koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,150, hal ini menyatakna bahwa variabel kecerdasan emoaional (X) mampu menjelaskan variable perkembangan konsep diri sebesar 15%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 17 May 2022 02:17 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 06:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2848 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |