Faqawwinni, Nor (2021) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 3 Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Nor Faqawwinni_20160701040162_Cover_MPI.pdf Download (51kB) |
|
Text
c) Nor Faqawwinni_20160701040162_Lembar Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf Download (80kB) |
|
Text
d) Nor Faqawwinni_20160701040162_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (142kB) |
|
Text
e) Nor Faqawwinni_20160701040162_Abstrak_MPI.pdf Download (32kB) |
|
Text
f) Nor Faqawwinni_20160701040162_Daftar Isi_MPI.pdf Download (18kB) |
|
Text
g) Nor Faqawwinni_20160701040162_BAB I_MPI.pdf Download (243kB) |
|
Text
h) Nor Faqawwinni_20160701040162_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
i) Nor Faqawwinni_20160701040162_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
j) Nor Faqawwinni_20160701040162_BAB IV_MPI.pdf Download (343kB) |
|
Text
k) Nor Faqawwinni_20160701040162_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
l) Nor Faqawwinni_20160701040162_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (164kB) |
|
Text
b) Nor Faqawwinni_20160701040162_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
m) Nor Faqawwinni_20160701040162_Lampiran_MPI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah dan Sekolah Adiwiyata Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang menjadi kunci keberhasilan lembaga. Kepala sekolah memiliki peran yang penting dalam faktor penentu dalam mengelola lembaga pendidikan. Kepala sekolah juga bertanggung jawab dalam mengkondisikan upaya secara bersama dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam mewujudkan sekolah adiwiyata, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan tenaga pendidik perlu berdiskusi dengan Ketua Tim Adiwiyata tentang mengatur berbagai strategi Tim dalam kegiatan mewujudkan program sekolah adiwiyata Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di SMA Negeri 3 Sampang? Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di SMA Negeri 3 Sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Informannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan ketua tim adiwiyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah diwiyata di SMA Negeri 3 Sampang adalah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata membentuk tim dan melibatkan semua komponen warga sekolah untuk berpartisipasi aktif dengan adanya program yang di laksanakan berikut beserta perkembangannya serta terus berinovasi dalam membangun sekolah. Kedua, faktor yang mempengaruhi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di SMA Negeri 3 Sampang, yaitu faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang digunakan untuk terlaksananya strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata. Faktor pendukung, yaitu keterlibatan semua komponen warga sekolah, lokasi sekolah yang strategis, akses kendaraan yang mudah, tanah yang subur, dana yang dikhususkan untuk program adiwiyata yang mendukung terhadap pengadaan sarana-prasarana dan sarana�prasarana yang memadai. Sedangkan factor penghambatnya adalah: kurangnya kesadaran siswa dan dana yang terbatas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 May 2022 01:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2865 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |