Efendi, Moh Erfan (2022) Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Video di Kelas VII MTsN 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_Cover_TIPS.pdf Download (217kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (258kB) |
|
Text
Moh. Erfan Efendi_18381081051_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (296kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (149kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (350kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_BAB I_TIPS.pdf Download (415kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_BAB IV_TIPS.pdf Download (760kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
Moh Erfan Efendi_18381081051_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (275kB) |
|
Text
Moh. Erfan Efendi_18381081051_Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (297kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penggunaan Media Video dan Hasil Belajar Pendidik dalam proses pembelajaran tertentu pasti menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajarnya guna mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki, salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan yakni media pembelajaran video sebagaimana yang digunakan oleh guru IPS di MTsN 4 Pamekasan. Namun sejauh ini mayoritas guru menggunakan media pembelajaran yang cenderung monoton, kurang efektif dan kurang efisien sehingga hal tersebut berimplikasi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran video di kelas VII MTsN 4 Pamekasan, kedua, Apa saja faktor pendorong dan penghambat dari upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran video di kelas VII MTsN 4 Pamekasan, ketiga, Bagaimana solusi dari kendala yang dihadapi pendidik dalam penggunaan media video dikelas VII MTsN 4 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pihak yang berhubungan langsung dengan topik yang teliti, seperti kepala sekolah, guru IPS, dan siswa kelas VII MTsN 4 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan guru membantu siswa untuk aktif dalam pembelajaran, guru menggunakan media pembelajaran video, guru memanfaatkan fasilitas yang ada , (2) faktor pendorongnya antara lain; siswa dapat aktif dengan media pembelajaran yang menarik, siswa memiliki kecenderungan menonton video, tersedianya fasilitas madrasah yang memadai. Faktor penghambatnya antara lain; menggunakan media yang menarik diperlukan keterampilan, kecenderungan siswa yang berlebihan terkadang mengabaikan guru, dan tidak jarang terjadi ganguan pada fasilitas yang ada, (3) solusi dari kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran video tersebut antara lain; guru dapat mengikuti kegiatan BIMTEK guna menunjang kemampuan personalnnya, perlunya arahan dan bimbingan guru pada siswa, perlunya pengecekan dan pemeliharaan pada fasilitas penunjang video.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:51 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3149 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |