Analisis Asesmen Unjuk Kerja (Performance Assessment) pada Kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021

Kholifah, Kholifah (2022) Analisis Asesmen Unjuk Kerja (Performance Assessment) pada Kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Kholifah_18381062041_Cover_PIAUD.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_Lembar_Pengesahaan_PIAUD.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_BAB I_PIAUD.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_BAB V-PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Kholifah_18381062041_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PIAUD.pdf

Download (75kB)

Abstract

Kata Kunci: Asesmen, Unjuk kerja, TK Al-Falah II Asesmen pendidikan anak usia dini merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk menganalisis dan mengumpulkan data untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak. penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik yang ditemukan peneliti di TK Al-Falah II dalam kegiatan asesmen unjuk kerja anak di Kelompok A. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini, yang pertama, bagaimana penerapan asesmen unjuk kerja (Performance Assessment) pada kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/202. Kedua, bagaimana langkahlangkah asesmen unjuk kerja (Performance Assessment) pada kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021; dan ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan asesmen unjuk kerja (Performance Assessment) pada kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021; tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan dan menganalisis secara jelas bagaimana asesmen unjuk kerja di TK Al-Falah II. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di TK Al-Falah II Bangkes Kadur Pamekasan dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sebagai informan guru TK Al-Falah II kelompok A, sedangkan subjek dalam penelitian adalah kelompok A yang berjumlah 12 anak. pengecekan keabsahan data dilakukan peneliti dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan tringulasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam pelaksanaan asesmen unjuk kerja di sekolah TK Al-Falah II khususnya kelompok A memberikan dampak positif dimana banyak sekali kemajuan-kemajuan yang dirasakan baik bagi lembaga, guru, siswa dan juga wali murid. Anak-anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, mereka mampu mengembangkan semua aspek perkembangan dengan baik meskipun ada beberapa anak yang masih belum sepenuhnya bisa mengambangan aspek-aspek perkembangan tersebut, dengan diterapkannya asesmen unjuk kerja, guru bisa melihat sejuah mana perkembangan yang diperoleh anak, sehingga jika ada anak yang mengalami keterlambatan perkembangan guru bisa langsung memberikan penangan yang tepat yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh anak, serta dengan adanya asesmen unjuk kerja semua nilai perkembangan anak bisa dijadikan arsip sekolah dan wali murid bisa melihat proses perkembangan anaknya. Adapun langkah-langkah yang digunakan sebelum melaksanakan asesmen unjuk kerja yaitu, guru harus mengetahui perkembangan anak, memilih kegiata yang cocok bagi anak, yang selanjutnya yaitu guru harus menentukan kriteria penilain unjuk kerja. Faktor pendukung dan penghamat dalam asesmen unjuk kerja, faktor pendukung yaitu guru yangprofesional dalam artinya guru bisa memahami betul tentang asesmen pembelajaran sehingga bisa memberikan penilaian yang baik untuk anak. Sedangkan faktor penghambat yaitu masalah kurangmya waktu yang tidak memadai saat ada sedang melakukan unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:23
Last Modified: 14 Jun 2023 07:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3625

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item