Madani, Ach (2022) Penerapan Pendekatan Interdisipliner Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ach Madani_18381081006_Cover-TIPS.pdf.pdf Download (185kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf.pdf Download (275kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf.pdf Download (242kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_Abstrak_TIPS.pdf.pdf Download (111kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_Daftar_Isi_TIPS.pdf.pdf Download (156kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_BAB I_TIPS.pdf.pdf Download (156kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_BAB II_TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_BAB III_TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_BAB IV_TIPS.pdf.pdf Download (223kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_BAB V_TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf.pdf Download (93kB) |
|
Text
Ach Madani_18381081006_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf.pdf Download (239kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendekatan Interdisipliner, IPS Terpadu Dalam memaksimalkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata yang mana sekolah ini berada dalam lingkungan pesantren yang notabene siswanya terdiri dari kalangan santri. Untuk itu dibutuhkan sebuah pendekatan yang relevan dengan materi yang termuat didalamnya, di mana materi yang termuat dalam IPS itu diangkat dari realitas sosial yang ada ditengah masyarakat juga penyusunan materinya merupakan perwujudan dari pendekatan interdisipliner, yakni pendekatan penyusunan dengan melibatkan berbagai sudut pandang keilmuan yang masih serumpun. Pendekatan ini juga dikenal dengan pendekatan tematik/terpadu. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama: bagiamana penerapan pendekatan interdispliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, kedua apa kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, ketiga bagaimana solusi terhadap kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS yang mengajar di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam menerapkan pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata guru membuat RPP sebagai acuan dalam pembelajaran, guru membagi kelompok untuk berdiskusi materi/topik yang telah ditentukan untuk diselesaikan dengan menggunkan pendekatan dari berbagai sudut pandang keilmuan yang tercakup dalam IPS, yakni dari pendekatan geografis, sosiologis, ekonomi dan historisnya (sejarahnya), kemudian siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kedua, kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu yaitu kurangnya penguasaan materi IPS Terpadu, guru tidak bisa memaksimalkan waktu, guru tidak bisa mengkoordinasi kelas dengan tepat, kurangnya buku bacaan sebagai sumber referensi bagi siswa, rendahnya literasi dan minat baca siswa, ketiga, solusi guru dalam menghadapi kendala penerapan pendekatan tersebut dalam pembelajaran IPS Terpadu yaitu guru memperdalam penguasaan materi, guru memaksimalkan pemetaan waktu, guru mengkoordinasi kelas dengan tepat, melengkapi buku bacaan bagi siswa, memotivasi siswa untuk giat membaca. Dari hasil diatas, disarankan bagi guru IPS Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, untuk lebih mengembangkan lagi penerapan pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS terpadu, melalui peningkatan kereatifitas dan inovasinya dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:22 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3627 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |