Nurhasan, Ahmad (2021) Srategi Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum II Bujur Tengah Batumarmar Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUS AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_Cover_MPI.pdf Download (156kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_MPI.pdf Download (225kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (90kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf Download (191kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_Abstrak_MPI.pdf Download (88kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (94kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_BAB I_MPI.pdf Download (372kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_BAB IV_MPI.pdf Download (643kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
AHMAD NURHASAN_18381041011_DAFTAR_PUSTAKA_MPI.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan Guru, Motivasi Belajar Siswa Setiap lembaga pasti mempunyai keinginan untuk memberikan pelayanan dan proses pembelajaran yang baik bagi guru, dan peserta didiknya dan ingin mempunyai guru yang profesional dan berkualitas. Hal itu nantinya akan didapatkan oleh lembaga melalui proses pemberdayaan guru, menjadikan guru mampu, dengann mengembangkan kompetensi guru serta memberikan layanan yang nyaman pada guru, memberikan pelatihan, pembinaan. Dengann itu motivasi belajar, dan semangat siswa untuk belajar semakin tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum II Bujur Tengah Batumarmar Pamekasan. Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum II Bujur Tengah Batumarmar Pamekasan. Ketiga bagaimana evaluasi strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum II Bujur Tengah Batumarmar Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis deskriftif. Sumber data diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala sekolah, Guru, Waka kesiswaan, dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam program strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum II Bujur Tengah Batumarmar Pamekasan, lembaga mengadakan program pelatihan, pembinaan, juga mengarahkan dan memberikan motivasi guru akan tanggung jawabnya, serta memberikan fasilitas dan pelayanan yang nyaman terhadap guru. Kedua, faktor pendukung berupa kesadaran guru dan mengadakan program pemberdayaan guru secara mandiri, sedangkan faktor penghambatnya berupa keterbatasan ekonomi dan kurangnya dukungan dari pemerintah setempat maupun pusat. Ketiga, evaluasi atau controlling yang dilakukan baik saat rapat maupun dalam berjalannya program, sehingga nanti akan menjadikan program pemberdayaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat terlaksana dengan maksimal. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi kepala sekolah, agar skripsi ini dapat dijadikan pertimbangan dalam melaksanakan program strategi pemberdayaan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa. Bagi guru diharapkan dapat memiliki keterampilan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan bagi peneliti selanjutnya dapat menyempurnakan kekurangan dalam skripsi ini, baik dari segi pembahasan ataupun tulisan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:57 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:57 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3703 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |