penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas anak TK Islam Ismailyah Tlontoraja Pasean

Sholehah, Kholifatus (2022) penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas anak TK Islam Ismailyah Tlontoraja Pasean. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20170701092055_SAMPUL.pdf

Download (53kB)
[img] Text
20170701092055_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
20170701092055_ LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20170701092055_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
20170701092055_DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
20170701092055_BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
20170701092055_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
20170701092055_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
20170701092055_BAB IV.pdf

Download (369kB)
[img] Text
20170701092055_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
20170701092055_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text
20170701092055_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
20170701092055_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20170701092055_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (155kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode bercerita, Meningkatkan Kreatitas. Bercerita memiliki daya magnet yang luar biasa dan dapat mengubah perhatian dan perilaku seseorang. Tetapi pada zaman ini kita temukan anak-anak kurang menyenangi cerita. hal ini disebabkan oleh orang tua ataupun guru yang tidak membiasakan anak mendengarkan cerita dengan alasan tidak dapat bercerira, tidak memiliki waktu luang dan sebagainya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas anak. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitiab yaitu: pertama, Bagaimana penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas anak TK Islam Ismailyah Tlontoraja Pasean?, kedua, Apa saja faktor penghambat dalam penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas anak TK Islam Ismailyah Tlontoraja Pasean?, ketiga, Bagaimana solusi guru dalam menghadapi faktor penghambat dalam penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas anak TK Islam Ismailyah Tlontoraja Pasean? Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif Deskriptif. Peneliti melaksnakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode bercerita kepada anak-anak yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode bercerita di TK Islam Ismailyah Tlontoraja Pasean cukup baik. Hal tersebut dipaparkan oleh kepala sekolah dan guru saat peneliti melakukan wawancara. Kedua, terdapat bebrapa faktor yang menjadi penghambat penerapan metode berceritadiantaranya, anak-anak yang sulit dikondisikan, anak-anak cepat bosan, dan kurangnya media penyampaian cerita. Hal tersebut dipaparkan saat peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru. Ketiga, ada solusi dari hambatan-hambatan penerapan metode bercerita yaitu merubah posisi duduk anak. Hal tersebut dibuktikan saat peneliti melakukan observasi, mengurangi durasi cerita agar anak tidak cepat bosan, penggunaan media gambar ketika bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:48
Last Modified: 13 Jun 2023 02:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3735

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item