Rohmah, Mufidatur (2022) Implementasi Layanan Orientasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa/Siswi di SMK Sabilur Rosyad Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
COVER.pdf Download (318kB) |
|
Text
surat persetujuan (pdf).pdf Download (175kB) |
|
Text
surat pengesahan (pdf).pdf Download (241kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (417kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
rujukan.pdf Download (372kB) |
|
Text
pernyataan.pdf Download (272kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (280kB) |
Abstract
Kata Kunci : Minat belajar, Layanan Orientasi Penelitian ini membahas tentang Layanan Orientasi untuk meningkatkan minat belajar siswa/Siswi di SMK Sabilur Rosyad Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Terdapat sebagian siswa yang kurang berminat dalam mata pelajaran, sehingga dibutuhkanlah layanan orientasi, karena akibat ketidak tahuan atau ketidak kenalan terhadap lingkungan yang baru dimasukinya itu dapat memperlambat kelangsungan proses pembelajarannya kelak. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama: Bagaimana gambaran minat belajar siswa/siswi di SMK Sabilur Rosyad Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Kedua; Bagaimana pelaksanaan layanan orientasi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMK Sabilur Rosyad Larangan Badung Palengaan Pamekasan, dan ketiga: Bagaimana peran bimbingan konseling selama ini dalam dalam minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yaitu Guru Bimbingan Konseling (BK), guru Mata Pelajaran, Wali kelas, dan Siswa. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Pertama :Gambaran minat siswa di SMK Sabilur Rosyad Larangan Badung Palengaan bersifat fluktuatif ada yang rendah dan tinggi. Diharapkan dengan adanya layanan bimbingan minat belajar peserta didik terjadi perubahan dan tanpa paksaan dalam menumbuhkan minat belajar pada mata pelajaran dan guru pengajar. Kedua, Pelaksanaan layanan orientasi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMK Sabilur Rosyad Larangan Badung Palengaan Pamekasan melalui beberapa tahapan, seperti melakukan observasi ke setiap kelas, melakukan pengumpulan data terkait minat belajar siswa dengan bekerjasama dengan guru pelajaran, dan wali kelas. Selanjutnya melaksanakan bimbingan layanan orientasi. Dua pola bimbingan yang diberikan guru BK adalah bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Ketiga; Peran Bimbingan Konsleing dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMK Sabilur Rosyad yaitu sebagai pembimbing agar peserta didik mencapai tujuan pendidikan yang terarah menjadi baik dalam keseluruhan proses pendidikan. Dan sebagai motivator memberikan motivasi berupa dorongan-dorongan guna merubah pola hidup yang negatif menjadi positif dan membimbing siswa sesuai dengan tujuan dimasa depannya. Memberikan contoh nyata kepada siswa untuk dijadikan sebagai panutan dan dapat termotivasi dalam belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:49 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4011 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |