Wafi, Ahmad Ainul (2022) Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Par Share (TPS) dalam Pembalajaran PAI di SMA Sayyid Yusuf Talango. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN1.pdf Download (240kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (406kB) |
|
Text
KEASLIAN TULISAN.pdf Download (347kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Metode pembelajaran, Faktor pendukung dan penghambat. Penerapan metode pembelajaran di sekolah itu cukup mempengaruhi efektifitas belajar siswa di kelas. SMA Sayyid Yusuf Talango merupakan sekolah swasta favorit di Talango, melaksankan penerapan metode kooperatif tipe TPS yang dapat menarik keatifan siswa dan meningkatkan daya nalar dan sintesis siswa tehadap materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penerapan metode kooperatif tipe TPS dalam pembalajaran PAI di SMA Sayyid Yusuf Talango Sumenep, dengan sub fokus mencakup: (1). Langkah-langkah metode TPS, (2) faktor pendukung, (3) faktor penghambat dari penerapan metode TPS dalam pembelajaran PAI SMA Sayyid Yusuf Talango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analsis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan kekutsertaan, ketekunan pengamatan dan teknik triagulasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menjukan bahwa: 1) langkah-langkah dari penerapan metode kooperatif TPS adalah menjelaskan aturan belajar dan apersepsi pada siswa untuk menggali pengetahuan siswa, lalu guru memberikan contoh permasalahan beserta penyelesaiannya dan siswa dibagikan permasalahan atau materi yang dipikirkan secara individu, kemudian siswa dibentuk kelompok-kelompok yang beranggota dua orang yang kemudian saling bertukar pikiran dan berdiskusi berkenaan dengan matei yang sudah diberikan, kemudian siswa presentasi atas matei yang telah didiskuisikan. 2) faktor pendukung dari penerapan metode kooperatif TPS adalah guru mampu menguasia dan menggunakan metode belajar dengan baik, lalu siswa tedorong untuk ikut bepartisipasi karena ingin memporoleh reward dari guru. 3) faktor penghambat dari penerapan metode koopetif tipe TPS yaitu siswa yang lebih pintar mendominasi kegiatan pembelajaran, tingkat kemampuan yang berbeda membuat beberapa siswa kurang paham dari penjelasan guru, siswa yang banyak bercanda dan bergurau
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:11 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:11 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4598 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |