Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv MI Mardlatilah Mataba Sanalaok Waru Pamekasan

Husen, Moh Husen (2022) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv MI Mardlatilah Mataba Sanalaok Waru Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_Cover_PGMI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_Lembar Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Moh Mosleh Husen_18381051053_Lembar Pengesahan-PGMI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_Abstrak_PGMI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_BAB I_PGMI.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_BAB IV_PGMI.pdf

Download (970kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
Moh. Mosleh Husen_18381051053_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Moh Mosleh Husen_18381051053_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (130kB)

Abstract

Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan, Lingkungan Sumber Belajar, IPA Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, (2) mengetahui jenis lingkungan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan, dan (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV MIMardlatillah, Mataba, Sanalaok, Waru, Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Pengampu mata pelajaran IPA, dan siswa kelas IV sebanyak 08 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan Sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas IV MIMardlatillah Mataba Sanalaok Waru Pamekasan.dilakukan secara variatif. Pembelajaran secara variatif tersebut menggunakan proses pembelajaran baik di dalam kelas dan di luar kelas. Pembelajaran di dalam kelas dilakukan dengan cara guru membawa tanaman- tanaman ke dalam kelas dan benda-benda ke dalam kelas. Sedangkan, pembelajaran di luar kelas menggunakan lingkungan yang terdapat di sekitar sekolah seperti taman sekolah, kebun sekolah, dan sawah; (2) jenis lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran mata pelajaran IPA dengan tema memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dan fungsinya pada kelas IV MIMardlatillah Mataba Sanalaok Waru Pamekasanadalah taman sekolah, kebun sekolah, dan sawah yang berada di sekitar lingkungan sekolah; dan (3) kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar dilingkungan sekitar yaitu: (a) bagi guru yaitu guru kurang mampu mengkondisikan siswa pada saat proses pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar berlangsung, memerlukan banyak waktu dalam proses pelaksanaannya, hal-hal bersifat teknis kurang dipertimbangkan oleh guru pengampu seperti prosedur langkah-langkah kegiatan, koordinasi antara guru dan siswa pada saat pelaksanaan proses pembelajaran; (b) bagi siswa yaitu siswa kesulitan mengidentifikasi hasil pembelajaran karena terfokus pada penjelasan guru pada saat menjelaskan materi dengan bantuan tanaman secara langsung; dan (c) bagi sekolah yaitu terbatasnya sumber belajar yang terdapat dilingkungan sekitar sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:22
Last Modified: 11 Dec 2023 04:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4703

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item