Fasihah, Siti (2022) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin Melalui Strategi Think Talk Write (TTW). Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_SAMPUL.pdf Download (205kB) |
|
Text
2. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (298kB) |
|
Text
3. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (439kB) |
|
Text
4. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
6. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) |
|
Text
7. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_BAB I.pdf Download (436kB) |
|
Text
8. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_BAB II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
Text
9. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
Text
10. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_BAB IV.pdf Download (682kB) |
|
Text
11. 18381072134_ Siti Fasihah_TBIN_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
12. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text
13. 18381072134_Siti Fasihah_TBIN_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (207kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:41 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4781 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |