Zulfaida, Lisa (2022) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Cover_TIPS.pdf Download (51kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (28kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (137kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Abstrak_TIPS.pdf Download (26kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (16kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_BAB I_TIPS.pdf Download (84kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_BAB IV_TIPS.pdf Download (173kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (75kB) |
|
Text
Lisa Zulfaida_20160701080054_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (127kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, Minat, IPS Terpadu Pada proses pembelajaran IPS, pembelajaran lebih didominasi oleh pendidik serta partisipasi siswa dalam proses pembelajaran kurang. Kondisi inilah yang membuat minat belajar IPS peserta didik menjadi sangat rendah. Alasan lain yang menyebabkan siswa kurang berminat pada pelajaran IPS yaitu: metode yang digunakan oleh guru IPS yang kebanyakan menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep? Dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh peneliti dari penelitian tentang peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep adalah menggunakan metode pembelajaran yang beranekaragam, menggunakan media pembelajaran, pemberian reward, pemberian punishment atau hukuman, lemah lembut dalam mengajar, dan memberikan selingan humor ketika mengajar. faktor pendukung peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep diantaranya kompetensi guru, kesehatan siswa, dukungan dari keluarga, dan motivasi siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat peran guru dalam menumbuhkan minat belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep diantaranya kurangnya sarana dan prasarana, perilaku disruptif siswa, kurangnya kemauan dan keinginan siswa dalam belajar, dan penggunaan handphone android yang salah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:22 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |