Pengaruh Personal Selling Dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan

Wardani, Recilia Kusuma (2023) Pengaruh Personal Selling Dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Cover_PBS.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Abstrak_PBS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_BAB I_PBS.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_BAB IV_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Recilia Kusuma Wardani_20383022103_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kata Kunci: Personal Selling, Positioning, Keputusan Nasabah Seiring dengan perkembangan era digital yang semakin canggih membuat konsumen melakukan keputusan pembelian secara selektif. Dalam meningkatkan keputusan pembelian, hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah personal selling dan positioning. Personal selling dilakukan tenaga penjual secara aktif melakukan pengenalan produk perusahaan. Selain itu dilakukannya pemposisian produk para pelajar sehingga dengan dilakukan penjualan personal dan positioning membuat nasabah melakukan keputusan pembelian pada produk simpanan pelajar di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian kausal komperatif untuk mengetahui hubungan antar variabel. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan dengan jumlah total nasabah yang menggunakan produk simpanan pelajar yakni sebanyak 2.019. Untuk penentuan sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 96 nasabah. Teknik pengabilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental Sampling. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji f (simultan) diperoleh niali Fhitung (47,477) > Ftabel (3,094) dan tarif sig (0,000) < 0,05, artinya variabel personal selling dan positioning secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilh produk tabungan simpanan pelajar (SIMPEL) di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Sedangkan hasil uji t (uji parsial) thitung pada variabel personal selling (X1) thitung sebesar (3,735) > ttabel (1,986) dan niali sig (0,000) < 0,05, berarti Personal Selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah (Y). Pada variabel Positioning (X2) thitung sebesar (3,392) dengan taraf sig 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa thitung (3,392) > ttabel (1,986) dengan nilai sig 0,001 < 0,05, berarti bahwa positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah (Y). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,505 atau 50,5%. Berdasarkan hasil uraian diatas disimpulkan bahwa semakin aktif tenaga penjual melakukan penjualan maka nasabah akan semakin tinggi dalam melakukan keputusan pembelian. Semakin baik karyawan menempatkan produk pada posisi yang tepat bagi para pelajar, maka nasabah akan semakin mengetahui produk dan melakukan pembelian atas produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:27
Last Modified: 24 Jun 2024 08:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5454

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item