Implementasi Word Of Mouth Pada Produk Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan

Firmansyah, Rudy (2023) Implementasi Word Of Mouth Pada Produk Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_Cover_PBS.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Rudy_Firmansyah_20383021152_Halaman Persetujuan_PBS.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Rudy_Firmansyah_20383021152_Halaman Pengesahan_PBS.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_Abstrak_PBS.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_BAB I_PBS.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_BAB IV_PBS.pdf

Download (668kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_Daftar Rujukan_PBS.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Rudy Firmansyah_20383021152_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (206kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Word of Mouth, Tabungan Umum Syariah Word Of Mouth Adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh sebuah merek agar konsumen membicarakan, mempromosikan, dan mau menjual mereka kepada orang lain. Dengan kata lain word of mouth merupakan suatu bentuk pujian, rekomendasi dan nilai dari pengalaman mereka atas layanan jasa atau produk yang betul-betul dapat mempengaruhi keputusan pelanggan. Penerapan word of mouth juga tidak kalah penting dikarenakan jika hanya tau pemasarannya yang penting tapi teknik penerapannya kurang bagus akan sia-sia dan hanya membuang waktu yang percuma karena itulah memperdalam pengetahuan tentang penerapan word of mouth. Ada dua fokus kajian yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu Pertama, Bagaimana Implementasi Word Of Mouth Pada Produk Tabungan Umum di KSPPS BMT Nusantara cabang pamekasan ?, dan kedua Bagaimana Kendala dalam Mengimplementasikan word of mouth pada Produk Tabungan Umum Syariah di KSPPS BMT UGT Nusantara Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian dekskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentsi. Informan dalam penelitian adalah Kepala Cabang, Wakil Kepala Cabang dan Pegawai di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan, dan Anggota Produk Tabungan Umum Syariah. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber. Hasil Penelitian menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama, penerapan word of mouth di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan telah lama di terapkan yaiu dengan pemasaran Buzz dan Viral. Pemasaran Buzz bisa disebut dengan gosip atau perbincangan yang menghasilkan perbincangan, menciptakan pubisitas dan mengekspresikan informasi relevan baru yang berhubungan dengan merek melalui sarana yang tidak terduga atau bahkan membuat orang lain terkejut. Sedangkan Pemasaran Viral bekerja bagaikan virus yang tersebar, Viral Marketing merupakan turunan dari word of mouth jadi Viral bisa tersebar melalui media online seperti email dan broadcast sehingga membuat orang menginformasikan produk mereka kepada orang lain. dengan cara menggunakan anggota lama mereka yang cukup aktif dan dapat dipercaya untuk memasarkan produk, menjelaskan keunggulan dari produk kepada para anggota, memberikan lebih banyak brosur kepada para anggota lama agar mereka lebih mudah untuk melakukan pemasaran word of mouth pihak BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan, pihak BMT membuat story whatshap,instagram dan facebook mereka untuk memasarkan produk tabungan umum. Kedua, kendala dalam penerapan word of mouth di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan diantaranya adalah ketidakpahaman masyarakat terhadap produk tabungan umum syariah, ketidakpahaman beberapa pegawai pada produk tabungan, ketidakpahaman masyarakat terhadap BMT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:36
Last Modified: 24 Jun 2024 08:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5462

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item