Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan

Fadil, Shohibul (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Cover_PBS.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Halaman Persetujuan_PBS.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Halaman Pengesahan_PBS.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Abstrak_PBS.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_BAB I_PBS.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_BAB IV_PBS.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Shohibul Fadil_20170703021193_Surat Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (128kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi Interpersonal, Loyalitas Nasabah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan loyalitas nasabah. Loyalitas Nasabah merupakan tujuan utama bagi setiap perusahaan, semakin tinggi loyalitas maka akan semakin tinggi profit yang didapatkan.Loyalitas nasabah sangat penting bagi Bank maupun bagi lembaga keuangan lainnya demi menjaga kelangsungan usahanya. Nasabah yang mempunyai loyalitas yang tinggi senantiasa akan menggunakan jasa yang disediakan lembaga keuangan, bahkan tidak akan terpengaruh dengan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: apakah kualitas pelayanan dan komunikasi interpesonal secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Loyalitas nasabah BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Pagendingan. Kemudian seberapa besar nilai pengaruh simultan tersebut Penelitian ini melakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada anggota BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 97 responden dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner diolah menggunakan SPSS versi 24 dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji t, Uji F, uji koefisien determinasi dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang terdiri dari kualitas pelayanan (X1) dan komunikasi interpersonal (X2), secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 73,859 > 3,090 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan dengan nilai t hitung 2,953 > nilai t tabel 1,985, dan taraf signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan kepada anggota maka semakin meningkat loyalitas nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan. Komunikasi interpersonal (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan ditunjukkan dengan nilai t hitung 7,490 > nilai t tabel 1,985, dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik komunikasi interpersonal yang diberikan BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan kepada anggota maka semakin meningkat loyalitas nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:30
Last Modified: 24 Jun 2024 08:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5475

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item