Dampak Kurangnya Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs. Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan

M.S.H, Moh. Anas (2023) Dampak Kurangnya Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs. Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf

Download (309kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
13. KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (60kB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang biasanya tidak di atur secara formal.komunikasi yaitu proses penyampaian pernyataan seseorang kepada orang lain, pengertian ini komunikasi berlangsung manakala orang-orang yang terlibat di dalamnya memiliki kesamaan makna mengenai suatu hal yang tengah dikomunikasikannya itu. Dengan kata lain jika orang-orang yang terlibat di dalamnya saling memahami apa yang dikomunikasikannya itu maka hubungan mereka antara mereka bersifat komunikatif sebaliknya jika ada pihak yang tidak mengerti dengan suatu hal yang sedang dikomunikasikan berate komunikasi tidak berjalan dan hubungan antara orang-orang tersebut tidak komunikatif. Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melaui proses kegiatan belajar mengajar prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang di berikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah di pelajari oleh peserta didik. Kemudian dalam penelitian ini juga mempunyai tiga fokus penelitian yaitu : pertama,bagaimana gambaran komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak di MTs. Sunan Kalijaga. Kedua, bagaimana dampak komunikasi interpersonal orang tua terhadap prestasi belajar anak di MTs. Sunan Kalijaga. Ketiga, bagaimajna cara orang tua meningkatkan prestasi belajar anak di MTs. Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara struktur dan observasi, yang menjadi informan yaitu orang tua/wali beserta siswa dan siswi MTs. Sunan Kalijaga. Hasil dari penelitian ini : Pertama, gambaran kurangnya komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak di MTs. Sunan Kalijaga mayoritas memiliki sifat ketat dan memaksa dalam membimbing anaknya. Sehingga anak timbul rasa bosan dalam belajar. Kedua, dampak kurangnya komunikasi interpersonal orang tua terhadap prestasi belajar anak di MTs. Sunan Kalijaga, anak memiliki sifat suka membantah nasehat orang tua, tidak peduli/acuh, dan tidak pernah mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang tuanya. Ketiga, cara orang tua meningkatkan prestasi belajar anak di MTs. Sunan Kalijaga, lebih dominan banyak yang menggunakan pola asuh otoriter yang bermakna orang tua bersikap ketat atau bersifat memaksa dalam mendidik anaknya, sehingga dalam diri anak beraneka ragam sikap negatif yang muncul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:53
Last Modified: 26 Jun 2024 04:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5722

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item