“Analisis Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa di SMPN 4 Pamekasan”

Fiktusia, Fira (2023) “Analisis Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa di SMPN 4 Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Cover_BKPI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Abstrak_BKPI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Daftar_Isi_BKPI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_BAB I_BKPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_BAB IV_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Fira Fiktusia_20381092065_Surat_ Pernyataan_Keaslian_Karya_dan Persetujuan_Publikasi_BKPI.pdf

Download (136kB)

Abstract

Kata Kunci: Efikasi Diri dan Perilaku Menyontek Perilaku menyontek sudah sering terjadi dan menjadi hal lumrah di kalangan siswa. Siswa beranggapan bahwa menyontek bukan suatu permasalahan, dan bahkan siswa tidak menyadari dampak dari menyontek. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus dari berbagai pihak terkait perilaku menyontek tersebut. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai: 1) Bagaimana efikasi diri siswa di SMPN 4 Pamekasan dapat mempengaruhi perilaku menyontek siswa? 2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri siswa untuk menyontek saat mengerjakan tugas atau ujian? 3) Bagaimana strategi yang efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa di SMPN 4 Pamekasan untuk menghindari perilaku menyontek? Hal ini perlu dibahas karena dampak dari menyontek ini dapat berlangsung secara berkelanjutan hingga dewasa nanti, seperti siswa menjadi malas belajar, dan tentunya membuat siswa tidak percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer berupa siswa SMP Negeri 4 Pamekasan, guru BK, guru wali kelas, dan guru mata pelajaran, sedangkan data sekunder berupa data dokumentasi dari hasil AKPD dan DCM guru BK SMP Negeri 4 Pamekasan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat keterkaitan antara efikasi diri dan perilaku menyontek siswa, semakin baik efikasi diri yang dimiliki siswa maka semakin kecil kemungkinan siswa untuk menyontek, begitupun sebaliknya. Selain itu faktor yang mempengaruhi siswa menyontek diantaranya adalah Tingkat Kesulitan Tugas yang dihadapi Siswa, Keyakinan siswa terhadap kemampuan yang dimiliki, Keberhasilan atau kegagalan siswa dalam mengerjakan tugas, Pengukuran kemampuan diri dengan siswa lain, Pandangan dan kata-kata negatif/positif yang diterima oleh siswa. Dan strategi yang tepat untuk meningkatkan efikasi diri siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan dalam menurunkan perilaku menyontek yaitu identifikasi masalah dan kesulitan belajar siswa, membentuk suasana belajar yang bersifat kolaboratif dan menyenangkan, guru mengklasifikasikan kelompok berdasarkan kemampuan yang sama antarsiswa, dan peningkatan pengawasan dalam pengerjaan tugas dan ujian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:53
Last Modified: 27 Jun 2024 03:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5774

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item