Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Regulasi Emosi Siswa Di SMP Negeri 7 Pamekasan

Nuraisyah, Siti (2023) Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Regulasi Emosi Siswa Di SMP Negeri 7 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_COVER_BKPI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_BAB I_BKPI.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_BAB III_ BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_BAB IV_BKPI.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Siti Nuraisyah_19381092108_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf

Download (310kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama dan Regulasi Emosi. Masa remaja merupakan fase peralihan antara masa anak-anak menuju masa atau fase dewasa. Di masa inilah banyak terjadi perubahan pada individu yang meliputi semua aspek perkembangan seperti perubahan fisik, sosial, moral dan juga kepribadian. Emosi bagi manusia merupakan sebuah hal yang lumrah, setiap individu juga memiliki respon yang berbeda. Namun, emosi dalam diri individu akan menjadi deskruktif ketika emosi tersebut tidak diungkapkan secara tepat atau mendapat feedback yang positif. Hal inilah yang membuat individu sering mengalami problematika-problematika atau gangguan sosial. Ketidakmampuan untuk mengatur emosi sering kali menyebabkan remaja cenderung mengalami pertikaian atau gangguan psikologis seperti depresi, stress, gangguan kecemasan, serta gangguan kepribadian lain. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tingkat regulasi emosi pada siswa menjadi rendah diantaranya ada faktor kelompok, faktor keluarga dan faktor media sosial yang menjadi faktor utama penyebab siswa memiliki tingkat regulasi yang berbeda-beda. Meskipun perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, namun siswa bisa melakukan beberapa langkah untuk menangani emosi secara baik bahkan sebelum situasi yang tidak diinginkan terjadi. Dalam mengatasi problem tersebut, maka dari itu peneliti ingin mengangkat penelitian terkait regulasi emosi siswa serta melakukan kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai upaya konselor dalam mengarahkan perkembangan emosi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Uji validitas dan uji reabilitas menggunakan program SPSS 25.0 for windows. Data penelitian dianalisis dengan teknik Deskriptif data dan pengolahan data dengan uji Paired Sample t Test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:22
Last Modified: 11 Jul 2024 01:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5828

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item