Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam

Salam, Abdus (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381011198_SAMPUL.pdf

Download (96kB)
[img] Text
19381011198_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
19381011198_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
19381011198_ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
19381011198_DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
19381011198_BAB I.pdf

Download (891kB)
[img] Text
19381011198_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
19381011198_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19381011198_BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
19381011198_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
19381011198_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
19381011198_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (268kB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Film Mimpi Ananda Raih Semesta, Pendidikan Agama Islam. Pendidikan karakter menjadi isu yang marak diperbincangkan belakangan ini berkat meningkatnya fenomena sosial terkait kemorosotan moral, akhlak, attitude di Indonesia. salah satu alternatif media penanaman karakter kepada peserta didik adalah film. Salah satu film yang dapat dipergunakan sebagai media penanaman karakter adalah film Mimpi Ananda Raih Semesta. Terdapat banyak nilai karakter yang terkandung didalamnya, sehingga sangat cocok dijadikan alternatif referensi sumber belajar dalam dunia pendidikan. Berdasarkan uraian tersebut, maka ditarik dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini: yaitu: Pertama, apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta. Kedua, bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi(content analysis)yaitu menganalisis isi dialog tokoh, latar, dan peristiwa yang terkandung dalam film. Serta pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan/keajegan dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta yang diangkat dari novel karya Aishworo Ang, yaitu: religius, demokratis, kerja keras, kejujuran, displin, cinta tanah air, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli sosial, dan gemar membaca. Kedua, dari kesepuluh nilai karakter yang didapati dalam film Mimpi ananda Raih Semesta karya Sahrul Gibran ternyata memiliki relevansi terhadap nilai-nilai pokok dalam ajaran pendidikan agama Islam, yaitu: i’tiqadiyah, syariah, dan khuluqiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:20
Last Modified: 11 Jul 2024 01:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5883

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item