Pemanfaatan E-PPDB Sebagai Layanan Satu Pintu Seleksi Peserta Didik Baru di MAN 1 Pamekasan

Kutfiana, Fifin Fina (2023) Pemanfaatan E-PPDB Sebagai Layanan Satu Pintu Seleksi Peserta Didik Baru di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381042006_SAMPUL.pdf

Download (34kB)
[img] Text
19381042006_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
19381042006_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
19381042006_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
19381042006_DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
19381042006_BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
19381042006_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
19381042006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
19381042006_BAB IV.pdf

Download (412kB)
[img] Text
19381042006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
19381042006_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
19381042006_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (203kB)

Abstract

Kata Kunci: E-PPDB, Seleksi, Pendidikan Pemanfaatan E-PPDB merupakan salah satu bentuk dari memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Untuk itu Ada tiga fokus yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu pertama Bagaimana pemanfaatan E-PPDB sebagai layanan satu pintu seleksi peserta didik baru di MAN 1 Pamekasan. Kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan EPPDB sebagai layanan satu pintu seleksi peserta didik baru di MAN 1 Pamekasan. Ketiga Bagaimana solusi dari setiap permasalahan dalam pemanfaatan E-PPDB sebagai layanan satu pintu seleksi peserta didik baru di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala MAN 1 Pamekasan, waka kesiswaan sekaligus ketua PPDB, operator E-PPDB sekaligus operator kesiswaa, dan siswa baru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama dalam Pemanfaatan E-PPDB di MAN 1 Pamekasan yaitu dengan adanya penerimaan peserta didik baru yang bisa dilakukan online yang memberikan kemudahan karena lebih praktis dan ekonomis. Pendaftaran online tersebut bisa melalui barcode atau link yang sudah disediakan. Bisa juga langsung ke website MAN 1 Pamekasan, disana ada fitur khusus yang langsung membawa calon peserta didik login ke pendaftaran yang memuat 6 data diri yang harus diisi, yaitu; 1) Nama lengkap, 2) Tempat lahir 3) Tannggal lahir 4) Jenis kelamin 5) Asal sekolah 6) Nomer WhatsApp. Nomer WhatsApp digunakan untuk membuat grup WhatsApp khusus untuk calon peserta didik baru. Grup tersebut bertujuan untuk mempermudah lembaga untuk menginformasikan sesuatu seperti kapan pelaksanaan tes ujian, pengumuman seleksi, kapan pendaftaran ulang dan lain sebagainya. Kedua Selain itu dari hasil penelitian di lapangan ditemuan bahwa masalah yang ada di lapangan yaitu sesuatu yang menjadi faktor penghambat dalam proses pemanfaatan E-PPDB, yaitu: 1) Kualitas jaringan 2) Lokasi/dominasi calon peserta didik (pengguna) yang bisa mempengaruhinya kualitas jaringan 3) Finansial atau fasilitas yang memadai 4) Kualitas sumber daya manusia. Ketiga mengenai pendidikan tahun ajaran baru akan ditandai oleh adanya penerimaan peserta didik baru. Untuk itu dari faktor-faktor mengenai pendaftaran yang diatas, maka solusinya adalah melakukan pendaftaran secara offline, karena pendaftaran offline akan menjadi pilihan kedua ketika calon peserta didik tidak bisa melakukan pendaftaran online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:28
Last Modified: 11 Jul 2024 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5966

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item