Peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran active knowledge sharing Di sekolah dasar plus nurul hikmah pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN

Abd, Hafidz (2020) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran active knowledge sharing Di sekolah dasar plus nurul hikmah pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_CAVER_PGMI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_HALAMAN_PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_HALAMAN_PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_KATA_PENGANTAR_PGMI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_DAFTAR_ISI _PGMI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_BAB I_PGMI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_BAB IV_PGMI.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_DAFTAR_RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_PERNYATAAN_KEASLIAN TULISANL_PGMI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_LAMPIRAN_PGMI.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABD. HAFIDZ_20160701050002_RIWAYAT_HIDUP_PGMI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi pembelajaran active knowledge sharing, motivasi. Strategi pembelajaran active knowledge sharing adalah pembelajaran yang berorentasi pada keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan proes pembelajarannya dengan pembentukan kelompok saling tuker pendapaat. Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai degan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mrncapai tujuan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana persiapan guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran active knowledge sharing di sekolah dasar plus Nurul Hikmah. Kedua. Bagaimana langkah-langkah guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaranactiveknowledgesharing di sekolah dasar plus Nurul Hikmah. Ketiga. Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran active knowledge sharing di sekolah dasar plus Nurul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, persiapan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran active knowledge sharing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah membuat RPP sebagai acuan dan pedoman saat proses belajar mengajar berlangsung, dan buku ajar yang diajarkan kepada siswa. kedua, langkah-langkah ustadzah dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran active knowledge sharing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, pertama, menjelaskan sekilas tentang meteri. Kedua, membentuk tim/kelompok. Ketiga, meberikan kertas soal yang berkaitan dengan tema/topik tersebut. Empat, memberikan kesempatan seluwas mungkin kepad semua siswa dari masing-masing tim yang sudah dibentuk melakukan diskusi/tukar pendapat kemudian menjawab soal-soal tersebut. Kelima, setiap kelompok memberikan penilaian terhadap jawaban kelompok lain (setuju/tidak). Enam, merefleksi jawaban setiap kelompok. Ketiga, keberhasilan ustazah dalam menerapkan strategi active knowledge sharing dalam peningkatan motivasi belajar siswa. dapat dilihat dari keatifan belajar siswa dan dari bukti autentiknya yaitu penilaian yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 03 Feb 2021 00:47
Last Modified: 18 Jul 2024 01:44
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/600

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item