Strategi Mengelola Perpustakaan Dengan Melibatkan Peran Aktif Siswa Di MA Darul Ulum Banyuanyar

Anam, Khairul (2023) Strategi Mengelola Perpustakaan Dengan Melibatkan Peran Aktif Siswa Di MA Darul Ulum Banyuanyar. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
KHAIRUL ANAM_20160701040096_Cover_MPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KHAIRUL ANAM_20160701040096_Lembar_Persetujan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
KHAIRUL ANAM_20160701040096_Abstrak_MPI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KHAIRUL ANAM _20160701040096_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KHAIRUL.ANAM_20160701040096_BAB I_MPI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
KHAIRUL.ANAM_20160701040096_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
KHAIRUL.ANAM_20160701040096_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
KHAIRUL.ANAM_20160701040096_BAB IV_MPI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
KHAIRUL.ANAM_20160701040096_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
KHAIRUL ANAM_20160701040096_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
KHAIRUL.ANAM_20160701040096_KEASLIAN.TULISAN.pdf

Download (59kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, perpusrakaan dan Siswa. Perpustakaan merupakan jantung yang ada di lembaga pendidikan yang harus dirawat dengan baik, berbagai strategi dapat dilakukan oleh pengelola perpustakaan di dalam meningkatkan kualitas pengelolaan baik dalam sektor penataan ruang maupun dalam meningkatkan minat kunjung dan minat baca. Pengelolaan dengan melibatkan peran aktif siswa merupakan salah satu contoh yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan di MA Darul Ulum Banyuanyar dalam mengoptimalkan pengelolaan perpustakaan. Penelitian ini memuat tiga fokus penelitian yaitu yang pertama bagaimana perencanaan strategi mengelola perpustakaan dengan melibatkan peran aktif siswa di MA Darul Ulum Banyuanyar, yang kedua bagaimana pelaksanaan strategi mengelola perpustakaan dengan melibatkan peran aktif siswa di MA Darul Ulum Banyuanyar, yang ketiga bagaimana hasil strategi mengelola perpustakaan dengan melibatkan peran aktif siswa di MA Darul Ulum Banyuanyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informennya adalah kepala madrasah, pembina perpustakaan, siswa, alumnus, dan guru BP/BK. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini kita dapat mengetahui bahwa: Pertama, perencanaan yang dilakukan di MA Darul Ulum Banyuanyar dengan mengadakan rekrutmen terbuka, mengadakan diklat, mengorganisasikan dengan memberikan peran dan tugas, merencanakan evaluasi setiap triwulan. Kedua kegiatan yang dilakukan mengacu pada asas dan nilai yang berlaku di pesantren, waktu dan regulasi yang berlaku juga kerap menjadi hambatan terhadap pelaksanaan kegiatan perpustakan. Dan dalam rangka menarik minat kunjung dan baca para siswa pihak pengelola menggunakan beragam cara seperti: Mengadakan taman baca, melakukan kolaborasi dengan BP/BK, membuat bioskop mini, memberikan kopi gratis dan melakukan studi banding ke Lembaga yang lain. Ketiga, strategi yang digunakan tersebut mampu memberikan dampak yang baik bagi siswa, yakni kedewasaan dan tanggungjawab sedangkan kepada perpustakaan sendiri mampu memberikan efektifitas dan efisiensi kerja dan terakhir mampu meningkatkan kuantitas pengunjung melalui kegiatan emosiona

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:28
Last Modified: 11 Jul 2024 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6003

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item