Peran Guru dalam Membangun Interaksi Sosial pada Anak Introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan

Jamila, Halimatus (2023) Peran Guru dalam Membangun Interaksi Sosial pada Anak Introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_COVER-PGMI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI_PGMI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_PGMI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_BABI_PGMI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_BABII_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_BABIII_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_BABIV_PGMI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_BABV_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Halimatus jamila_19381052085_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Interaksi Sosial, Introvert Interaksi yang berlangsung di sekitar kehidupan manusia dapat diubah menjadi interaksi yang bernilai edukatif, yakni interaksi yang dengan sadar meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang. Kesusahan dalam interaksi sosial ini banyak dialami oleh individu salah satunya adalah individu dengan kepribadian introvert. Kepribadian introvert sendiri diartikan seseorang yang memiliki pribadi yang cenderung sulit untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang. Adanya siswa kelas 2 dan 4 SDI Darul Ulum Kabupaten Pamekasan masih ada siswa yang mempunyai kepribadian introvert salah satunya siswa kelas 2 dan 4, kurangnya interaksi sosial yang di milik anak introvert mempunyai kesulitan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekolahnya, Kepribadian merupakan satu diantara faktor penentu hasil belajar, karena berbeda kepribadian berbeda pula hasil belajarnya. Peran guru inilah yang akan mendidik siswa yang sulit interaksi agar bisa berinteraksi dengan baik sesama teman sebayanya yang ada dilingkungan sekolahnya. Dalam penelitian ini ada beberapa fokus penelitian yang dibahas oleh peneliti, pertama, peran guru dalam membangun interaksi sosial pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan, kedua, untuk mengetahu interaksi sosial pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah Guru Kelas II, Guru Kelas IV, dua Guru SDI Darul Ulum, dan Siswa Kelas II dan IV. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, Peran guru dalam membangun interaksi sosial pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan. Adapun upaya yang dilakukan oleh para guru dalam membagun interaksi sosial pada anak introvert seperti mencari tahu dan mengamati siswa introvert, melakukan pendekatan sekaligus pemberian layanan bimbingan kepada siswa introvert, memberikan contoh yang baik, mengajak tampil di kelas, memberikan motivasi seperti agar siswa mampu berinteraksi sosial dengan baik, dan mengevaluasi hasil yang telah dilakukan oleh guru. Kedua, Interaksi sosial pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan sudah baik setelah dilakukan upaya peningkatan untuk melihat perkembangan interaksi pada siswa introvert seperti pengamatan, pendekatan sekaligus bimbingan, memberi contoh yang baik, mengajak siswa untuk tampil di kelas, dan memberi motivasi siswa tersebut. Adapun perkembangan yang dapat diamati oleh orang lain terhadap siswa introvert tersebut antara lain, siswa sudah bisa berbaur dengan teman kelasnya, siswa tidak malu untuk menyampaikan gagasannya, siswa memiliki kepercayaan diri di kelas, siswa sudah berinteraksi dengan temantemannya pada saat jam istirahat dan diluar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:40
Last Modified: 10 Jul 2024 04:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6141

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item