Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Membaca Siswa Kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung

Syarifah, Luluk (2023) Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Membaca Siswa Kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_COVER_PGMI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
perpus_halaman persetujuan_luluk syarifah_19381052051.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_BAB I_PGMI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_BAB IV_PGMI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
LULUK SYARIFAH_19381052051_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
perpus_surat keaslian tulisan_luluk syarifah_pgmi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Wali Kelas, Hasil Membaca Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca peserta didik. Peserta didik belum mampu mengerti kata, mengerti kalimat, mengerti struktur kata, mengetahui tanda-tanda baca, mengetahui informasi dalam bacaan, mengerti aturan-aturan dalam bacaan, serta belum bisa mengingat isi bacaan untuk diungkapkan kembali. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi pertama yang telah dilakukan oleh peneliti. Sehingga peran seorang wali kelas sangat berpengaruh terhadap hasil membaca peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran wali kelas dalam meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung. Kedua bagaimana cara wali kelas dalam meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun sumber data yang diperoleh berupa wawancara kepada pihak yang bersangkutan, observasi, dengan informan wali kelas 1. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan dalam penelitian. Perpanjangan pengamatan dengan melakukan penelitian kembali kelapangan dengan tujuan data yang didapat menjadi lebih valid dan kongkret. Serta peningkatan ketekunan dalam penelitian yang dilakukan dengan mengecek kembali data yang sudah dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, peran wali kelas dalam meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung adalah wali kelas mempunyai tugas bertanggung jawab untuk menyalurkan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didik, mengajarkan dan membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran. Serta wali kelas mengajarkan peserta didik membaca dengan sangat telaten agar peserta didik mampu membaca dengan baik, wali kelas juga memberikan hafalan kepada peserta didik agar mereka mampu memahami tanda-tanda baca, pembiasaan membaca juga dilakukan agar peserta didik lebih cepat bisa membaca. Kedua, cara wali kelas dalam meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung, wali kelas melakukan beberapa strategi dalam pembelajaran membaca yaitu wali kelas menggunakan metode eja dalam pembelajaran membaca, yaitu dengan mengajarkan peserta didik mengeja terlebih dahulu, dengan mengenalkan huruf-huruf abjad, kemudian dilanjutkan pada pengenalan kata, suku kata dan kalimat sederhana, hal tersebut dilakukan berulang-ulang sampai peserta didik benar-benar mampu dan fasih membaca. Pembelajaran membaca terus dilakukan sampai peserta didik mampu mengerti kata, mengerti kalimat, mengerti struktur kata, mengetahui tanda-tanda baca, mengetahui informasi dalam bacaan, mengetahui aturanaturan dalam bacaan, dan dapat mengingat isi bacaan untuk diungkapkan kemba

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:02
Last Modified: 10 Jul 2024 02:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6158

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item