Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Plakpak I Pegantenan Pamekasan

Awalia, Nurul (2023) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Plakpak I Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381052052_SAMPUL.pdf

Download (275kB)
[img] Text
19381052052_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
19381052052_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
19381052052_ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
19381052052_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
19381052052_BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
19381052052_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
19381052052_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
19381052052_BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
19381052052_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
19381052052_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
19381052052_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (174kB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Matemarika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Plakpak I,hal ini dibuktikan dengan adanya observasi pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Ada beberapa hal yang menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar matematika siswa kelas V, yaitu kurangnya minat belajar siswa kelas V terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Plakpak 1, dan seberapa besar pengaruhnya. Kemudian untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument angket tertutup pada variable X dan dokumentasi berupa nilai PAS pada variabel Y, kemudian wawancara untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi Product Moment, didapatkan hasil rhitung > r tabel yaitu 0, 446 > 0.374. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis diterima, yaitu tidak ada pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Plakpak 1 Pegantenan Pamekasan. Kedua, Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi memberikan hasil r2 = 0.19. Dengan demikian besar pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Plakpak 1 Pegantenan Pamekasan adalah 19% dan tergolong rendah. Ketiga, Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Plakpak 1 Pegantenan Pamekasan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan keluarga yang kurang supportif dan kurangnya minat belajar siswa kepada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6237

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item