Penerapan Metode Drilling Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bagi Siswa Kelas 1 Di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Amir, Triyana Fadilah (2023) Penerapan Metode Drilling Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bagi Siswa Kelas 1 Di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Triyana Fadilah Amir_3038052035_Cover_PGMI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_Abstrak_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_BAB I_PGMI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_ BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_ BAB IV_PGMI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_ BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_ DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Triyana Fadilah Amir_20381052035_Surat Pernyataan Keaslian_PGMI(1).pdf

Download (538kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Drilling, Mengatasi Kesulitan Membaca. Rendahnya hasil belajar peserta didik karena pembelajaran yang masih bersifat stagnan dengan metode ceramah yang mendominasi sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan serta materi yang diberikan hanya tersimpan dalam memori saja tanpa adanya pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis langkahlangkah penerapan metode drilling dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 1 di SDI Matsaratul Huda. 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas penerapan metode drilling dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 1 di SDI Matsaratul Huda. Penelitian ini menggunakan metode mixing methode melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dengan dua putaran siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDI Matsaratul Huda tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. KKM untuk pelajaran bahasa indonesia kelas I SDI Matsaratul Huda adalah 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar dengan menggunakan metode drilling pada pembelajaran bahasa indonesia kelas I. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penilaian siswa pada setiap siklusnya. Prasiklus ketuntasan belajar siswa adalah 22,22%, siklus 1 mencapai 44,44%, dan siklus 2 mencapai 94,44%. penerapan metode drilling dalam mengatasi kesulitan membaca bagi siswa kelas I di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dalam pembelajaran bahasa indonesia dikelas I adalah dengan melakukan beberapa langkah yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua putaran siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6243

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item