Implementasi Alat Permainan Edukatif Kotak Pos Geometri untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok A TK Muslimat NU Sumedangan Pademawu Pamekasan

Maulidina, Junita (2023) Implementasi Alat Permainan Edukatif Kotak Pos Geometri untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok A TK Muslimat NU Sumedangan Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Cover_PIAUD.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_BAB I_PIAUD.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (785kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Junita Maulidina_18381062039_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PIAUD.pdf

Download (210kB)

Abstract

Kata Kunci: Kotak Pos Geometri, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini Kotak pos geometri merupakan alat permainan edukatif yang terbuat dari kotak berbentuk kubus, dimana dinding atas kotak terdapat lubang berbagai macam bentuk geometri untuk memasukkan bentuk geometri sesuai lubangnya. Kemampuan kognitif merupakan bentuk perkembangan yang mengacu pada kemampuan anak untuk berpikir logis, memecahkan masalah, kemampuan untuk mengerti dan memahami hal-hal yang ada disekitar anak. Adapun fokus penelitian yang ada dalam penelitian ini yaitu: 1. Implementasi alat permainan edukatif kotak pos geometri dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan Pademawu Pamekasan. 2. Manfaat implementasi alat permainan edukatif kotak pos geometri bagi anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan Pademawu Pamekasan. 3. Faktor pendukung dan penghambat penerapan alat permainan edukatif kotak pos geometri dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, serta teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan juga guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1. Implementasi alat permainan edukatif kotak pos geometri dalam mengembangkan kamampuan kognitif anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan merupakan media pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak, karena anak bisa berlatih memecahkan masalah, berpikir logis dan daya nalar anak berkembang. Kotak pos geometri cocok diterapkan pada anak karena mengenalkan konsep bentuk geometri dengan cara bermain sambil belajar, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi bisa diterima dengan baik oleh anak. 2. Manfaat implementasi alat permainan edukatif kotak pos geometri bagi anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan diantaranya yaitu melatih konsentrasi anak, meningkatkan motorik halus anak, mempermudah guru dalam menyampaikan materi, mengatasi kejenuhan anak, dan sebagai media penilaian anak. 3. Faktor pendukung dan penghambat penerapan alat permainan edukatif kotak pos geometri dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan yaitu ketelatenan dan kesabaran guru dalam menghadapi anak yang malu dan enggan untuk menjawab pertanyaan guru. Adanya antusias anak pada saat penerapan kotak pos geometri bisa membuat kelas menyenangkan dan tidak membosankan. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya alat permainan edukatif kotak pos geometri sehingga anak harus menunggu ketika ingin memainkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:07
Last Modified: 09 Jul 2024 02:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6270

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item