Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Talking Stick Di Kelas VII B Mtsn 2 Pamekasan

Wahyudi, Ferdi Herlian (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Talking Stick Di Kelas VII B Mtsn 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_HALAMAN SAMPUL_TBIN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_ABSTRAK_TBIN1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_BAB I_TBIN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_BAB IV_TBIN.pdf

Download (751kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Ferdi Herlian Wahyudi_18381071046_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (79kB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Metode Talking Stick, Keterampilan Berbicara Upaya guru adalah upaya yang dilakukan dengan ikhtiar dan usaha agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar sehingga peserta didik dapat belajar dengan baik dan aktif di kelas, dengan seiring berkembangnya zaman banyak metode pembelajaran yang bisa membuat siswa semangat belajar seperti Metode pembelajaran talking stick adalah metode pembelajaran yang dalam penerapannya menggunakan bantuan sebuah tongkat siapa yang memegang tongkat siswa itulah yang harus maju kedepan untuk menceritakan kembali cerita fabel tersebut, dalam keterampilan berbicara siswa, siswa dituntut supaya berani maju kedepan dan mampu berbicara dalam keterampilan berbicaranya, selain itu guru juga wajib memberikan contoh untuk mensuport siswa dalam memberanikan diri maju kedepan kelas, sehingga mencapai suatu keberhasil dalam proses belajar mengajar. Fokus yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran cerita fabel bahasa Indonesia dengan menggunakan metode talking stick di kelas VII B Mtsn 2 pamekasan? Kedua, Bagaimana keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran cerita fabel bahasa Indonesia dengan menggunakan metode talking stick di kelas VII B Mtsn 2 Pamekasan? Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran cerita fabel bahasa Indonesia di kelas VII B Mtsn 2 pamekasan? Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumberdatanya yakni, kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII B Mts Negeri 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang peneliti lakukan yakni triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, adanya upaya yang guru terapkan dalam keterampilan berbicara kepada siswa dengan menggunakan metode talking stick pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu membuat RPP, silabus, menyediakan tongkat dan media pembelajaran yang sesuai. Kedua, diterapkannya keterampilan berbicara siswa dengan membacakan kembali cerita fabel yang ada di buku paket dengan diterapkan juga metode talking stick. Ketiga, adanya faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan keterampilan berbicara menggunakan metode talking stick dalam cerita fabel.Di dalam faktor pendukung memberikan contoh berbicara, membiasakan keberanian siswa untuk maju kedepan kelas, dan siswa tertib di dalam kelas. Adapun faktor penghambat seperti siswa takut untuk maju kedepan kelas dan siswa tidak tertib dalam kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:46
Last Modified: 17 Jul 2024 02:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6564

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item