Faradila, Ita (2024) Peningkatan Partisipasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran Tiga Dimensi pada Kelas VII di Mts Tarbiyatus Shibyan Sumber Papan Larangan Badung. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ita Faradila_20381082038_Cover_TIPS.pdf Download (42kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_Lembar Persetujuan_TIPS.pdf Download (59kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (205kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_Abstrak_TIPS.pdf Download (13kB) |
|
Text
Ita Faradila-20381082038-Daftar Isi_TIPS.pdf Download (116kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_BAB I_TIPS.pdf Download (277kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_BAB IV_TIPS.pdf Download (282kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_Daftar Pustaka_TIPS.pdf Download (136kB) |
|
Text
Ita Faradila_20381082038_Keaslian Tulisan_TIPS.pdf Download (201kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Tiga Dimensi Pop Up Book, Partisipasi Belajar Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode ceramah dan buku paket saja, tidak hanya terbatas pada hal tersebut rendahnya partisipasi belajar peserta didik juga didukung oleh ketidakkonsistenan antara jurusan dengan yang diajarkan guru-guru di MTs Tarbiyatus Shibyan Sumber Papan Larangan Badung. sehingga mengakibatkan partisipasi belajar peserta didik di kelas VII rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menghadirkan dan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi berupa pop up book. Dimana dengan media pembelajaran pop up book ini peserta didik akan dituntut mampu untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan memperhatikan, bertanya, mendengarkan, motorik, mental, dan bersemangat. Tujuan penelitian ini: Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran tiga dimensi dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Tarbiyatus Shibyan Sumber Papan Larangan Badung dan Untuk membuktikan partisipasi belajar peserta didik dapat meningkat setelah menggunakan media pembelajaran tiga dimensi kelas VII di MTs Tarbiyatus Shibyan Sumber Papan Larangan Badung. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus (6x pertemuan) yang terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan datanya: Observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus 1 hasil analisis observasi guru yaitu 2,8 kategori cukup baik, hasil observasi peserta didik 48% (cukup baik) sedangkan hasil angket partisipasi belajar pada siklus 1 mencapai rata-rata 44% (cukup baik). Pada siklus 2 hasil analisis observasi guru: 3,5 (baik), hasil observasi peserta didik mencapai 75% (baik) sedangkan hasil angket partisipasi belajar pada siklus 2 mencapai rata-rata 65% (baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran tiga dimensi berupa pop up book dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada materi IPS kelas VII di MTs Tarbiyatus Shibyan Sumber Papan Larangan Badung Pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:29 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7460 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |