Sya’bania, Nuri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbentuk Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) Bagi Peserta Didik Kelas VII Di MTS. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sampul.pdf Download (431kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (510kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (460kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (423kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (923kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (505kB) |
|
Text
PERTANYAAN KEASLIAN.pdf Download (93kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan Media, Ular Tangga 3D, Pembelajaran IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang kurang dalam belajar di kelas khususnya pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran menggunakan metode ceramah, penugasan dan ketergantungan pada buku LKS sehingga siswa kurang menarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan pembelajaran terasa membosankan, siswa menjadi tidak aktif mengikuti pembelajaran dan kurang memahami materi yang sedang di pelajari, Oleh sebab itu peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran untuk mata pelajaran IPS yakni meedia Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) sebagai pendekatan jenis penelitian. Peneliti menggunakan 4 prosedur dalam penelitian pengembangan yakni: tahap Pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian dalam pengumpulan data yakni: observasi, wawancara, serta angket dari validasi ahli materi dan media. Hasil penelitian ini menunjukkan media ular tangga tiga dimensi yang dikembangkan telah memenuhi syarat kelayakan karena telah divalidasi oleh ahli. Hasil dari rekapitulasi tersebut berasal dari ahli materi 4,1 dengan kategori baik yang dideskripsikan berkriteria valid. Dan hasil dari ahli media sebesar 4,00 dengan kategori baik yang dideskripsikan berkriteria valid. Dan setelah produk yang dikembangkan melewati berbagai revisi yang sesuai dengan saran dan perbaikan daei setiap validator dan diniliai kelayakannya oleh validator, produk diuji cobakan kepada peserts didik kelas VII di MTS. Sunan Kalijaga Pamekasan. Penggunaan media ular tangga tiga dimensi mampu menjadikan kegiatan pembelajaran semakin efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:07 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7468 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |