Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbentuk Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) Bagi Peserta Didik Kelas VII Di MTS

Sya’bania, Nuri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbentuk Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) Bagi Peserta Didik Kelas VII Di MTS. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (431kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (510kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[img] Text
PERTANYAAN KEASLIAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media, Ular Tangga 3D, Pembelajaran IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang kurang dalam belajar di kelas khususnya pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran menggunakan metode ceramah, penugasan dan ketergantungan pada buku LKS sehingga siswa kurang menarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan pembelajaran terasa membosankan, siswa menjadi tidak aktif mengikuti pembelajaran dan kurang memahami materi yang sedang di pelajari, Oleh sebab itu peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran untuk mata pelajaran IPS yakni meedia Ular Tangga Tiga Dimensi (3D) Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) sebagai pendekatan jenis penelitian. Peneliti menggunakan 4 prosedur dalam penelitian pengembangan yakni: tahap Pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian dalam pengumpulan data yakni: observasi, wawancara, serta angket dari validasi ahli materi dan media. Hasil penelitian ini menunjukkan media ular tangga tiga dimensi yang dikembangkan telah memenuhi syarat kelayakan karena telah divalidasi oleh ahli. Hasil dari rekapitulasi tersebut berasal dari ahli materi 4,1 dengan kategori baik yang dideskripsikan berkriteria valid. Dan hasil dari ahli media sebesar 4,00 dengan kategori baik yang dideskripsikan berkriteria valid. Dan setelah produk yang dikembangkan melewati berbagai revisi yang sesuai dengan saran dan perbaikan daei setiap validator dan diniliai kelayakannya oleh validator, produk diuji cobakan kepada peserts didik kelas VII di MTS. Sunan Kalijaga Pamekasan. Penggunaan media ular tangga tiga dimensi mampu menjadikan kegiatan pembelajaran semakin efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:07
Last Modified: 06 Nov 2024 02:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7468

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item