Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Desa Bluuran Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang

Mulkin, Mulkin (2021) Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Desa Bluuran Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
a. Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
b. Surat Pernyataan Keasliian.pdf

Download (542kB)
[img] Text
c. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (221kB)
[img] Text
d. Lembar Pengesahan.pdf

Download (565kB)
[img] Text
e. Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
f. Daftar Isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
g. Bab 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
h. Bab 2.pdf

Download (281kB)
[img] Text
i. Bab 3.pdf

Download (214kB)
[img] Text
j. Bab 4.pdf

Download (313kB)
[img] Text
k. Bab 5.pdf

Download (63kB)
[img] Text
l. Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Mulkin, 2020.Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Desa Bluuran Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Tesis, Program Magister. Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura. Pembimbing, Dr.H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag. dan Dr. H. Atiqullah, S.Ag,M.Pd Kata kunci : Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru Pemerintah Indonesia menetapkan standard kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik pendidik wajib untuk memiliki syarat tertentu, salah satu diantaranya adalah kompetensi. Sebagai tenaga edukatif dalam lingkup madrasah, pendidik harus memiliki kompetensi-kompetensi dasar kependidikan. Sebab dalam interaksi pembelajaran peserta didik, seorang pendidik harus bisa melakukan demonstrasi yang hidup dan menyenangkan bagi peserta didik. Sehingga kompetensi tersebut menyebabkan pembelajaran semakin bertambah baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan strategi supervisi kepala madrasah meningkatkan kompetensi pedagogik guru, mengetahui pendekatan kepala madrasah yang diterapkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, dan mendiskripsikan implikasi supervisi kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di MI Nahdlatun Nasyiin Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dianalisis dengan menggunakan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data meliputi; pengumpulan data, sajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang dengan melakukan strategi yang mendukung terwujudnya peningkatan pedagogik guru seperti melakukan bimbingan, pembinaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran, perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pengembangan sumber daya guru dan tenaga kependidikan serta memberikan arahan dan pembinaan pada para guru untuk memperbaiki dan meningkatkan kecakapannya dalam mengelola pembelajaran. Faktor pendukung terlaksananya supervisi kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang adalah terjalinnya silaturrahmi yang baik, komunikasi yang baik ketika didalam madrasah maupun diluar madrasah, kesiapan mental guru, tertibnya kondisi di dalam kelas ketika sedang berlangsung proses pembelajaran. Faktor penghambat terlaksananya supervisi adalah adanya perbedaan pendapat antara guru, adanya rasa sungkan, tempat mengajar guru yang berpindah-pindah dan adanya masalah pribadi pada guru tersebut. ABSTRACT Mulkin, 2020. Supervision of Madrasah Head in Increasing Pedagogical Competence of Madrasah Teachers Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bluuran Village, Karangpenang District, Sampang Regency. Thesis, Masters Program. Islamic Education Postgraduate IAIN Madura. Advisor, Dr.H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag. and Dr. H. Atiqullah, S.Ag, M.Pd Keywords: Supervision of Madrasah Head, Teacher Pedagogical Competence The Government of Indonesia establishes academic qualification standards and teacher competencies as stipulated in Minister of National Education Regulation No. 16 of 2007 concerning Academic Qualification Standards and Teacher Competencies. To be able to carry out its functions properly educators are required to have certain requirements, one of which is competence. As educators in the scope of madrasas, educators must have basic educational competencies. Because in the interaction of student learning, an educator must be able to do a lively demonstration and fun for students. So that competency causes learning to get better. The purpose of this study is to describe the madrasah head supervision strategy to improve teacher pedagogical competence, know the madrasa head approach applied to improve teacher pedagogical competence, and describe the implications of madrasah head supervision to improve pedagogical competence in MI Nahdlatun Nasyiin Karangpenang District, Sampang Regency. This research is a descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques through interviews, observation and documentation, analyzed using data validity techniques using triangulation of sources and techniques. Data analysis includes; data collection, data presentation and conclusions. Based on the results of the study it can be concluded that the supervision of the madrasa head in improving the pedagogical competence of teachers in the Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Karangpenang District of Sampang District by undertaking a strategy that supports the realization of increasing teacher pedagogic such as conducting guidance, fostering and developing learning curriculum, improving and improving the learning process of resource development teachers and education staff and provide guidance and guidance to teachers to improve and enhance their skills in managing learning. Supporting factors for the supervision of the headmaster in the Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Karangpenang District Sampang Regency is the establishment of good silaturrahmi, good communication when inside the madrasah and outside the madrasa, teacher mental readiness, orderly conditions in the classroom when the learning process is in progress. The inhibiting factors for supervision are differences of opinion between the teachers, the feeling of reluctance, the teaching place of teachers who move around and the personal problems of the teacher. انًهخض يٕنكٍٛ ، 2020 .اإلشزاف ػهٗ يذٚز انًذرطح فٙ سٚادج انكفاءج انتزتٕٚح نًؼهًٙ انًذرطح اتتٛذّٚ َٓضهتٌٕ َاطٛاٌ لزٚح تهٕراٌ ، يُطمح كاراَغثاَغ ، طايثاَح رٚدُظٙ. أطزٔحح انًاخظتٛز. دراطاخ .ػهٛا فٙ انتزتٛح اإلطاليٛح. يظتشار د. يِٕ انكهًاخ انًفتاحٛح: اإلشزاف ػهٗ يذٚز انًذرطح ، انكفاءج انتزتٕٚح نهًؼهى تحذد انحكٕيح اإلَذَٔٛظٛح يؼاٚٛز انتأْٛم األكادًٚٙ ٔكفاءاخ انًؼهًٍٛ ػهٗ انُحٕ انًُظٕص ػهّٛ فٙ الئحح ٔسٚز انتزتٛح انٕطُٛح رلى 16 نؼاو 2007 تشأٌ يؼاٚٛز انتأْٛم األكادًٚٙ ٔكفاءاخ انًؼهًٍٛ. حتٗ ٚتًكٍ انًؼهًٌٕ يٍ أداء ٔظائفٓى تشكم طحٛح ، ٚدة أٌ ٚكٌٕ نذٚٓى يتطهثاخ يؼُٛح ، أحذْا انكفاءج. تظفتٓى يؼهًٍٛ فٙ َطاق انًذارص ، ٚدة أٌ ٚكٌٕ نذٖ انًؼهًٍٛ انكفاءاخ انتؼهًٛٛح األطاطٛح. ألَّ فٙ انتفاػم تٍٛ تؼهى انطالب ، ٚدة أٌ ٚكٌٕ انًؼهى لادًرا ػهٗ انمٛاو تًظاْزج حٛح .ٔيًتؼح نهطالب. تحٛث تؤد٘ انكفاءج إنٗ تحظٍ انتؼهى انغزع يٍ ْذِ انذراطح ْٕ ٔطف اطتزاتٛدٛح إشزاف انًذرطح ػهٗ تحظٍٛ انكفاءج انتزتٕٚح نهًؼهى ، ٔيؼزفح َٓح رأص انًذرطح انًطثمح نتحظٍٛ انكفاءج انتزتٕٚح نهًؼهى ، ٔٔطف اٜثار انًتزتثح ػهٗ .إشزاف انًذرطح ػهٗ تحظٍٛ انكفاءج انتزتٕٚح فٙ ْذا انثحث ْٕ دراطح ٔطفٛح تُٓح َٕػٙ. تمُٛاخ خًغ انثٛاَاخ يٍ خالل انًماتالخ ٔانًالحظح ٔانتٕثٛك ، ٔتحهٛهٓا تاطتخذاو تمُٛاخ طحح انثٛاَاخ تاطتخذاو تثهٛث انًظادر ٔانتمُٛاخ. ٚشًم تحهٛم .انثٛاَاخ ؛ خًغ انثٛاَاخ ٔػزع انثٛاَاخ ٔاالطتُتاخاخ ٔاطتُادا إنٗ َتائح انذراطح ، ًٚكٍ االطتُتاج أٌ إشزاف يذٚز انًذرطح ػهٗ تحظٍٛ انكفاءج ً انتزتٕٚح نهًؼهًٍٛ فٙ يُطمح انًذرطح اإلتتذائٛح َٓضهتٌٕ َاطٛاٌ كاراَغثاَغ فٙ يُطمح طايثاَغ يٍ خالل اتثاع اطتزاتٛدٛح تذػى تحمٛك سٚادج انًؼهى انتزتٕ٘ يثم إخزاء انتٕخّٛ ، ٔتؼشٚش انًُاْح انتؼهًٛٛح ٔتحظُٛٓا ، ٔتحظٍٛ ػًهٛح انتؼهى فٙ ػًهٛح انتؼهى انًؼهًٌٕ ٔيٕظفٕ انتؼهٛى ٔتٕفٛز انتٕخّٛ ٔاإلرشاد نهًؼهًٍٛ نتحظٍٛ ٔتؼشٚش يٓاراتٓى فٙ إدارج انتؼهى. انؼٕايم انذاػًح نإلشزاف ػهٗ يذٚز انًذرطح فٙ يُطمح اتتذائٛح َٓضهٌٕ َاطٛاٌ كاراَغثُٛاَغ طايثاَح رٚدُظٙ ْٙ إَشاء طهظح خٛذج ، اتظال خٛذ ػُذيا ٚكٌٕ داخم انًذرطح ٔخارج انًذرطح ، االطتؼذاد انذُْٙ نهًؼهى ، ظزٔف يُظًح فٙ انفظم انذراطٙ ػُذيا تكٌٕ ػًهٛح انتؼهى لٛذ انتمذو. انؼٕايم انًثثطح نإلشزاف ْٙ اختالفاخ فٙ انزأ٘ تٍٛ انًؼهًٍٛ ، ٔانشؼٕر تانؼشٔف ، ٔيكاٌ انتذرٚض نهًؼهًٍٛ انذٍٚ ٚتُمهٌٕ ٔانًشاكم انشخظٛح .نهًؼهى

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:24
Last Modified: 08 Feb 2021 08:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/752

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item