Liyana, Eka (2024) Analisis Perilaku Self Harm Pada Siswa Di MTs Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
21381092050_SAMPUL.pdf Download (208kB) |
|
Text
21381092050_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
21381092050_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
21381092050_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
21381092050_DAFTAR ISI.pdf Download (724kB) |
|
Text
21381092050_BAB I.pdf Download (626kB) |
|
Text
21381092050_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
|
Text
21381092050_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
21381092050_BAB IV.pdf Download (829kB) |
|
Text
21381092050_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
21381092050_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (170kB) |
|
Text
21381092050_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (245kB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis, Self Harm, Siswa, MTs Negeri 1 Pamekasan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang terindikasi perilaku self harm di MTs Negeri 1 Pamekasan. Perilaku self harm merupakan tindakan melukai diri yang dilakukan secara sengaja tanpa memiliki tujuan untuk bunuh diri sebagai bentuk penyaluran emosi. Fokus pada penelitian ini meliputi 1) Apa saja faktor�faktor penyebab terjadinya perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan?, 2) Bagaimana bentuk perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan?, 3) Bagaimana dampak dari perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan?. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan, 2) Untuk mengetahui bentuk perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan, 3) Untuk mengetahui dampak dari perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan penelitian. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang terindikasi perilaku self harm sebagai informan utama dan 1 guru BK MTs Negeri 1 Pamekasan sebagai informan pendukung. Dalam menganalisis data peneliti menerapkan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku self harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan disebabkan oleh pengaruh trend media sosial pada aplikasi Tiktok dan teman sebaya yang terindikasi perilaku self harm, permasalahan keluarga dan hubungan percintaan mengakibatkan siswa merasa kesepian, serta tingkat keingintahuan yang tinggi untuk mengeksplorasi pengalaman-pengalaman baru; kedua bentuk perilaku self harm yang banyak dilakukan oleh siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan ialah tindakan menyayat atau menggores bagian tubuh menggunakan benda tajam sehingga membentuk garis-garis pada kulit dan tergolong pada jenis superficial self mutilation. Ciri-ciri siswa MTs Negeri 1 Pamekasan melakukan perilaku self harm ialah memiliki kepribadian introvert, berpenampilan tertutup untuk menutupi luka, kesulitan menjalin komunikasi, menarik diri dari interaksi sosial, serta memiliki luka fisik atau bekas luka sayatan dan goresan; ketiga perilaku self harm dapat memberikan kepuasan diri bagi siswa dalam menghadapi tekanan emosional, rendahnya kepercayaan diri menyebabkan siswa menghindari interaksi sosial, serta kesulitan untuk berkonsentrasi dapat menghambat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Upaya yang dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi perilaku self harm ialah pemberian layanan konseling individual dan layanan bimbingan klasikal serta kolaborasi dengan tim Tata Tertib dan guru PAI guna melakukan controlling.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:56 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7660 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |