Manajemen Humas Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler di SMA Raudlatul Ulum Kapedi

Sofiana, Eva (2024) Manajemen Humas Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler di SMA Raudlatul Ulum Kapedi. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Cover_MPI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Lembar persetujuan_MPI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Lembar pengesahan_MPI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_abstrak_MPI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Daftar isi_MPI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Bab I_MPI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Bab II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Bab III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Bab IV_MPI.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Bab V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_Daftar pustaka_MPI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Eva Sofiana_20381042129_keaslian tulisan_MPI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Humas, Partisipasi, Masyarakat Pendidikan merupakan tanggung jawab Bersama dari berbagai pihak, khususnya pihak sekolah dan pihak masyarakat atau orang tua siswa. kerjasama yang solid biasanya tumbuh bersamaan dengan hubungan yang harmonis diantara kedua belah pihak. Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi manajemen humas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep, dan yang kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen humas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan ekstrakurikuler di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep. Penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber daya yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, waka humas, dan Waka Kurikulum SMA Raudlatul Ulum Kapedi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yang peneliti lakukan di sekolah SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep yaitu pertama, Planning (perencanaan), Perencanaan program di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep dilakukan pada awal tahun ajaran baru. Kegiatan prencanaan ini biasa disebut sebagai rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh masyarakat sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, perwakilan orang tua, siswa, staff dan karyawan. Kedua, Organizing (pengorganisasian), humas di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep melakukan pembagian tugas yang biasa disebut sebagai pengorganisasian. Ketiga Actuating (pengarahan), bagaimana semua unsur sumber daya dapat digerakkan atau diarahkan dalam menyelesaikan tugas-tugas humas. Keempat Controlling (pengawasan), Proses pengawasan terhadap tim humas dilakukan langsung oleh kepala sekolah mulai dari proses perencanaan sampai pada proses evaluasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 06 Dec 2024 02:24
Last Modified: 06 Dec 2024 02:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7669

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item