Hamzah, Sonia Ababiellah (2024) Manajemen Strategis Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Siswa SMA Islam Nurul Jadid Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_SAMPUL_MPI.pdf Download (125kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (175kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf Download (161kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_ABSTRAK_MPI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (12kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_BAB I_MPI.pdf Download (236kB) |
|
Text
Sonia ABabiellah Hamzah_21381042130_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_BAB IV_MPI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
Sonia Ababiellah Hamzah_21381042130_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (200kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Strategis, Literasi Literasi mencakup kemampuan membaca, menulis, berpikir kritis, dan memaknai informasi untuk meningkatkan kualitas hidup melalui akses pengetahuan. Berdasarkan UU Nomor 3 Tahun 2017, literasi tidak hanya terkait keterampilan dasar, tetapi juga kemampuan kritis dalam mengakses ilmu dan teknologi. Di SMA Islam Nurul Jadid Pamekasan, manajemen strategis diterapkan untuk meningkatkan literasi siswa melalui perencanaan yang matang, penyediaan sumber daya memadai, dan program baca intensif. Langkah-langkah seperti pojok baca, perpustakaan yang memadai, dan sesi membaca rutin membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menunjukkan komitmen sekolah dalam mencapai tujuan literasi yang lebih baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi non partisipan yang dimana peneliti terlibat namun hanya sebagai pengamat, wawancara semi terstruktu, dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini kepala sekolah, waka kesiswaan, guru dan siswa SMA Islam Nurul Jadid Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah SMA Islam Nurul Jadid Pamekasan menerapkan manajemen strategis untuk meningkatkan literasi siswa melalui perencanaan yang menetapkan misi literasi sebagai bagian integral dari kurikulum dan berbagai aktivitas, dengan dukungan guru dalam mendorong siswa membaca dan menulis. Strategi mencakup kewajiban membaca satu buku per bulan dan integrasi literasi dalam semua mata pelajaran, serta kebijakan sistematis yang disosialisasikan kepada orang tua. Implementasi manajemen strategis melibatkan alokasi sumber daya, penjadwalan, dan kolaborasi antara guru, perpustakaan, dan staf untuk memastikan kegiatan literasi, seperti pojok baca dan lomba menulis, berjalan tanpa mengganggu akademik. Program tambahan, seperti membaca sebelum pelajaran dan klub literasi, juga mendukung literasi. Evaluasi berkelanjutan dilakukan untuk menilai kinerja program dan mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan anggaran, motivasi siswa, serta pengaruh teknologi. Tindakan korektif berupa pembaruan koleksi buku, hari literasi bulanan, dan integrasi literasi digital terus diupayakan untuk memotivasi siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:25 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7670 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |