Rudiyanto, Rudiyanto (2022) Implementasi Gerakan Literasi Madarasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Rudiyanto_20380011041_Cover_PAI.pdf Download (227kB) |
|
Text
c) Rudiyanto_20380011041_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (110kB) |
|
Text
d) Rudiyanto_20380011041_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf Download (196kB) |
|
Text
f) Rudiyanto_20380011041_Daftar Isi_PAI.pdf Download (187kB) |
|
Text
e) Rudiyanto_20380011041_Abstrak_PAI.pdf Download (284kB) |
|
Text
g) Rudiyanto_20380011041_BAB I_PAI.pdf Download (529kB) |
|
Text
h) Rudiyanto_20380011041_BAB II_PAI.pdf Download (342kB) |
|
Text
i) Rudiyanto_20380011041_BAB III_PAI.pdf Download (332kB) |
|
Text
j) Rudiyanto_20380011041_BAB IV_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
k) Rudiyanto_20380011041_BAB V_PAI.pdf Download (332kB) |
|
Text
l) Rudiyanto_20380011041_BAB VI_PAI.pdf Download (290kB) |
|
Text
m) Rudiyanto_20380011041_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (396kB) |
|
Text
b) Rudiyanto_20380011041_Surat Pernyataan Keaslian_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Madrasah, Kemampuan Membaca dan Menulis Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan dikarenakan terdapat sebuah implementasi gerakan literasi madrasah dan salah satu bentuk optimalisasinya ialah membuat pojok baca dibeberapa tempat madrasah dan penambahan buku yang menarik di perpustakaan madrasah. Ada tiga fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Tahapan implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan. Kedua, Optimalisasi implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan. Ketiga, dampak implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan,dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, tahapan pelaksanaan gerakan literasi madarasah di MTsN 2 Pamekasan, ialah: a). tahap pembiasaan membaca Al-Qur’an dan membaca buku. b). tahap pengembangan pembuatan mading. c). tahap pembelajaran setiap siswa diharuskan berfikir kritis pada bahan bacaannya. Sedangkan di MTsN 3 Pamekasan, ialah: a). tahap pembiasaan pembangunan fisik madrasah yang kaya akan literasi dan pembiasaan morning reading Al-Qur’an serta membaca buku. b). pada tahap pengembangan kunjungan ke perpustakaan madrasah dan pengadaan buku cerita dari hasil shodaqoh siswa. c). tahap pembelajaran kegiatan membaca serta merangkum pada saat proses pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran outdoor study. Kedua, optimalisasi implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 Pamekasan, ialah: a). lingkungan fisik membangun perpustakaan madrasah dan kelas. b). lingkungan sosial dan afektif memberikan reward ke siswa serta kepala madrasah berperan aktif dalam pengembangan program literasi. c). lingkungan akademis penambahan koleksi buku perpustakaan dan penggunaan startegi pembelajaran kelompok. Sedangkan di MTsN 3 Pamekasan, ialah: a). lingkungan fisik menyediakan perpustakaan madrasah, pembuatan mading, area membaca dan pengadaan perpustakaan kelas. b). lingkungan sosial dan afektif merayakan hari besar nasional dan kepala madrasah berperan aktif dalam pengembangan program literasi. c). lingkungan akademis tersedianya waktu berliterasi bagi siswa dan penambahan koleksi buku perpustakaan madrasah. Ketiga, dampak implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 Pamekasan, ialah guru dan siswa yang sangat antusias dalam pelaksanaan program gerakan literasi, seperti: siswa sangat antusias dalam mengungjungi perpustakaan madrasah. Sedangkan di MTsN 3 Pamekasan ialah peningkatan sarana dan prasarana dan meningkatnya minat membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7729 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |