Kompetensi pedagogik guru dalam membimbing anak berfikir kreatif pada anak kelompok A di TK As-Sa’adah Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

Kamilah, Bintan (2024) Kompetensi pedagogik guru dalam membimbing anak berfikir kreatif pada anak kelompok A di TK As-Sa’adah Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (335kB)

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi pedagogik guru, Berfikir kreatif, anak usia dini. Membimbing anak berfikir kreatif adalah sebuah proses yang mengembangkan ide-ide yang tidak biasa dan menghasilkan pemikiran yang baru memiliki ruang lingkup yang luas. Upaya ini termasuk Upaya guru untuk mengembangkan kemampuan anak. Namun, efektifitasnya lebih besar dari upaya lain sebab dengan upaya, pengertian dan pemahaman dapat diperoleh lebih baik. Upaya ini jugal dalpalt memotivalsi siswal algalr dalpalt mengalsalh kemalmpualnnyal melaltih dalyal ingalt alnalk dallalm belaljalr. oleh kalrenal itu, perlu sekalli guru untuk melallukaln sualtu upaya yalng dalpalt mengaljalk alnalk untuk mengalsalh kemalmpualnnyal. Sallalh saltu kemalmpualn yalng dalpalt dikembalngkaln yalkni dengaln mengalsalh kemalmpualn berfikir kreatifl. Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji. Tujuannya adalah Untuk mengetahui Upaya guru dalam membimbing anak berfikir kreatif dalam belajar pada peserta anak kelompok A di TK As-Sa’adah Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam membimbing berfikir kreatif anak di TK As-sa’adah Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informanya adalah kepala sekolah dan guru TK As-Sa’adah Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Kemudian data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah yaitu pengelompokkan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru dalam membimbing anak berfikir kreatif pada anak adalah Menyusun RPPH, menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan, menggunakan tehnik talnyal jalwalb, berdiskusi dengan anak, mengajak anak memecah masalah yang timbul. Adapun faktor pendukung dalam membimbing anak berfikir kreatif pada anak adalah sarana yang memadai dan motivasi yang diberikan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang percaya diri dan pemalu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:20
Last Modified: 16 Dec 2024 02:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7757

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item