Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Matsaratul Huda

Munawwaroh, Madinatul (2024) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Matsaratul Huda. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381082041_SAMPUL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
20381082041_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
20381082041_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
20381082041_ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
20381082041_DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
20381082041_BABI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
20381082041_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
20381082041_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
20381082041_BABIV.pdf

Download (221kB)
[img] Text
20381082041_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
20381082041_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
20381082041_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (66kB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Siswa, IPS Kesulitan belajar menurut istilah bahasa inggris adalah learnig disability. Pada umumnya “Kesulitan” merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam kegiatan untuk mencapai tujuan, sehingga memerlukan usaha yang lebih giat lagi untuk mengaatasinya. Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai kondisi dalam suatu proses pembelajaran yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. 1) Tujuan dari peneliti ini adalah untuk Untuk Mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa di MTS Matsaratul Huda 2) Untuk Mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTS Matsaratul Huda 3) Untuk mengetahui dampak upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTS Matsaratul Huda. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah, siswa kelas VIII, dan Guru Pengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini kemudian di analisis dengan model analisa Miles, Huberman. Yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar ada 9 siswa dari 18 siswa di kelas VIIII. Dari 9 siswa yang mengalami kesulitan belajar disini dalam hal memahami pembelajaran yang sulit untuk dipahamai oleh siswa. Siswa mengalami kesulitan dibagian Geografi, karena bagi siswa pembelajaran tersebut menyangkut dengan global dan peta. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Mts Matsaratul Huda yaitu dengan memberikan perhatian dan movivasi kepada siswa yang sudah mulai tidak memperhatikan pembelajarannya lagi. Faktor yang mempengaruhi yaitu ada faktor internal (kurangnya Minat Belajar Siswa, Sering Berbicara Sendiri, Sulit Ditegur) dan faktor eksternal (Tidak Ada Dukungan Orng Tua, Teman Sebangku)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 16 Dec 2024 08:31
Last Modified: 16 Dec 2024 08:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7759

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item