Komalasari, Anita (2022) Mewujudkan Madrasah Ramah Lingkungan melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) Di MTsN 2 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1 Anita Komalasari_18380012007_COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
Hal. Persetujuan.pdf Download (167kB) |
|
Text
Hal. Pengesahan.pdf Download (267kB) |
|
Text
6 Anita Komalasari_18380012007_DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
5 Anita Komalasari_18380012007_ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
7 Anita Komalasari_18380012007_BAB 1.pdf Download (225kB) |
|
Text
8 Anita Komalasari_18380012007_BAB 2.pdf Download (316kB) |
|
Text
9 Anita Komalasari_18380012007_BAB 3.pdf Download (165kB) |
|
Text
10 Anita Komalasari_18380012007_BAB 4.pdf Download (210kB) |
|
Text
11 Anita Komalasari_18380012007_BAB 5.pdf Download (204kB) |
|
Text
12 Anita Komalasari_18380012007_BAB 6.pdf Download (91kB) |
|
Text
13 Anita Komalasari_18380012007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
|
Text
Hal. Keaslian.pdf Download (158kB) |
Abstract
Kata Kunci: Madrasah Ramah Lingkungan, Gerakan Madrasah Sehat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan bagi seorang warga madrasah dalam membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat secara terus menerus dan memiliki kesadaran diri untuk menjadikan lingkungan madrasah menjadi bersih, indah, rapi dan aman. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana strategi dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan?, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan?, Bagaimana gambaran hasil dari terwujudnya madrasah ramah lingkungan setelah dilaksanakannya gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTsN 2 Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan artinya peneliti melakukan peelitian dalam waktu yang cukup lama, ketekunan pengamatan artianya peneliti melakukan penelitian secara rinci, dan triangulasi artinya peneliti harus memeriksa kembali keasahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Strategi dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan seperti sosialisasi kepada guru dan siswa mengenai kebersihan lingkungan, jadwal piket kelas, memasang slogan-slogan, mengadakan kerjasama dengan puskesmas kowel, kantin sehat, jumat bersih dan jumat sehat, keteladanan dari guru seperti selalu berangkat pagi, memakai pakaian yang bersih, rapi dan wangi, serta membantu siswa untuk menjaga kebersihan madrasah, selalu ikut dalam kegiatan jumat sehat dan jumat bersih. Kedua, Faktor pendukung dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan madrasah sehat di MTsN 2 Pamekasan terdiri dari sarana dan prasarananya yang terbilang sudah memadai, kerjasama madrasah dengan pihak luar yaitu kerjasama dalam bidang kesehatan dan kerjasama dalam bidang sampah. Sedangkan Faktor penghambat dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan madrasah sehat di MTsN 2 Pamekasan terdiri dari kurangnya kesadaran dari warga madrasah dalam menjaga lingkungan, masih terdapat tamu yang belum tahu peraturan-peraturan yang ada dimadrasah ini seperti para tamu masih merokok di area madrasah. Ketiga, Hasil yang telah dicapai dengan adanya program gerakan madrasah sehat yaitu sudah tidak terlihat lagi sampah yang berserakan, cuci tangan sebelum masuk kelas setiap hari, siswa sudah terbiasa untuk memilah sampah, dan para guru juga mulai mematuhi peraturan madrasah untuk tidak merokok di area madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:23 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7784 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |