Implementasi Full Day School Berbasis Budaya Religius di SDI Nurul Bayan Kebonagung dan SDIT Al-Hidayah Pangarangan Sumenep

Rosalina, Septia (2022) Implementasi Full Day School Berbasis Budaya Religius di SDI Nurul Bayan Kebonagung dan SDIT Al-Hidayah Pangarangan Sumenep. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Septia Rosalina_20380012044_Cover_PAI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. Septia Rosalina_20380012044_Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. Septia Rosalina_20380012044_Pengesahan Pengusji_PAI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
6. Septia Rosalina_20380012044_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. Septia Rosalina_20380012044_Abstrak_PAI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
7. Septia Roslina_20380012044_BAB 1_PAI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
8. Septia Rosalina_20380012044_BAB 2_PAI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
9. Septia Rosalina_20380012044_BAB3_PAI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10. Septia Rosalina_20380012044_BAB 4_PAI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. Septia Rosalina_20380012044_BAB 5_PAI.pdf

Download (441kB)
[img] Text
12. Septia Rosalina_20380012044_BAB 6_PAI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
13. Septia Rosalina_20380012044_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
2. Septia Rosalina_20380012044_Pernyataan Keaslian_PAI.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Full Day School, Budaya Religius Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena dimana terdapat sebuah implementasi full day school di sekolah dasar yang mengadopsi keberagaman budaya salah satu bentuk keberagamannya adalah dalam pembelajarannya memadukan pendidikan umum dan agama yaitu di SDI Nurul Bayan Kebonagung dan SDIT Al-Hidayah Pangarangan Sumenep. Fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, perencanaan full day school berbasis budaya religius di SDI Nurul Bayan Kebonagung dan SDIT Al-Hidayah Pangarangan Sumenep. Kedua, strategi yang digunakan bagaimana. Ketiga, hasil program di SDI Nurul Bayan Kebonagung dan SDIT Al-Hidayah Pangarangan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus multicase. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan kondensasi, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan,dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, pada SDI Nurul Bayan Kebonagung menambahkan program madin yang di dalamnya terdapat beberapa kitab pesanten diajarkan dan menjadi salah satu materi dalam upaya menerapkan full day school, sementara itu, pada SDIT Al-Hidayah Pangarangan tidak terdapat program madin hanya saja lembaga tersebut menambahkan sejumlah mata pelajaran yang bernanuasa keIslaman yang telah ditetapkan oleh JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) sebagai kiblat SDIT Al-Hidayah Pangarangan. Meski demikian keduanya sama-sama memadukan dua kurikulum. Kedua, SDI Nurul Kebonagung Bayan dan SDIT Al-Hidayah memiliki persamaan. yakni, a). Pembiasaan yang dilakukan setiap harinya, diantaranya adalah: dengan yaitu penyambutan siswa, sholatberjama'ah, pembelajaran Al-Qur'an, puasa sunnah, mabit, dan hari besar Islam, b). pendampingan, c).keteladanan dan d. peran wali kelas. Selain persamaan tersebut, terdapat perbedaan yaitu: 1) Pada SDI Nurul Bayan Kebonagung terdapat morning spirit, dan suasana religius, hal yang sedemikian tidak didapati di SDIT Al-Hidayah Pangarangan. 2) Pada SDIT AlHidayah Pangarangan terdapat kegiatan deklarasi kejujuran dan kajian keputrian, kedua dan tidak didapati di SDI Nurul Bayan Kebonagung. Ketiga, Hasil dari program yang telah berjalan mulai dari perencanaan hingga evaluasi di kedua sekolah tersebut memiliki persamaan yakni siswa dapat memiliki sikap religius, spiritual, dan disiplin. Meski demikian ternyata kedua lembaga tersebut memiliki perbrdaan. Letak perbedaanya yakni pada aspek sosial, yang mana pada SDI Nurul Bayan Kebonagung salah satu implikasinya yakni peduli sesama. Hal tersebut tidak didapati di SDIT Al-Hidayah Pangarangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:01
Last Modified: 09 Jan 2025 04:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7849

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item