Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Poster Session Berupa Asmaul Husna Di SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan

Insyiroh, Durrotul (2024) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Poster Session Berupa Asmaul Husna Di SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_ Sampul_PAI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_Lembar Persetujuan_PAI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_Lembar pengesahan_PAI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_Abstrak_PAI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_ BAB 1_PAI.pdf

Download (672kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_BAB 2_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_ BAB 3_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_ BAB 4_PAI.pdf

Download (980kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_BAB 5_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Durrotul Insyiroh_21381012017_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pemahaman Siswa, Poster Session Asmaul Husna Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peran penting guru PAI yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan poster session berupa asmaul husna SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok dalam skripsi ini. yaitu: pertama bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa menggunakan poster session di SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membuat poster session berupa asmaul husna, ketiga bagaimana dampak penggunaan poster session berupa asmaul husna terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informan adalah kepala sekolah, Guru PAI, dan siswa kelas IV SDN Lombang Dajah 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Guru PAI menjalankan peran sebagai fasilitator dan pembimbing, dalam menjalankan peran sebagai fasilitator guru PAI sebelum melakukan pembuatan poster session berupa asmaul husna menjelaskan terlebih dahulu makna asmaul husna, memberikan arahan cara membuat poster session serta memfasilitasi alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat poster session dan sebagai pembimbing guru PAI membantu siswa yang kesulitan dalam membuat poster session berupa asmaul husna. Kedua, faktor dalam membuat poster session berupa asmaul husna yaitu terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, dalam faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah agar siswa mendapat bimbingan, alat dan bahan yang memadai seperti kertas, penggaris, pewarna, alat tulis, dan kreativitas guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya waktu dan kurangnya kreativitas dari guru dan siswa. Ketiga, dampak penggunaan poster session berupa asmaul husna terhadap peserta didik yaitu kepada peserta didik berdampak lebih meningkat pengetahuan mereka dalam memahami asmaul husna dan sebagian mereka dapat lebih menghargai teman sekelasnya setelah mereka memahami makna dari materi asmaul husna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:01
Last Modified: 07 Feb 2025 03:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7892

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item