Efektifitas Model Pembelajaram Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pamekasan

Sabrina, Nabila Zena (2024) Efektifitas Model Pembelajaram Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Cover_TBIN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Halaman Persetujuan_TBIN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Halaman Pengesahan_TBIN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Abstrak_TBIN.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Daftar Isi_TBIN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Bab I_TBIN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Bab II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Bab III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Bab IV_TBIN.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Bab V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Daftar Pustaka_TBIN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Nabila Zena Sabrina_20381072137_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf

Download (140kB)

Abstract

Kata Kunci: Self Directed Learning, Kemampuan Menulis Siswa, Model Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pamekasan, dan mengtahui seberapa besar keefektifan model pembelajaran Self Directed Learning terhadap kemampuan menulis siswa. Studi ini dilatarbelakangi oleh pengamatan bahwa penguasaan keterampilan menulis teks deskripsi di kalangan siswa masih kurang optimal, terutama dalam aspek kebahasaan seperti ejaan dan struktur kalimat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pamekasan mulai tanggal 15 sampai 21 November 20223. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu, melibatkan dua kelas sebagai sampel yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pra test dan pasca test serta dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SDL memiliki efek signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi siswa, yang ditunjukkan oleh perbedaan skor rata-rata prates dan pasca test yang signifikan. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa yang belajar dengan model SDL menunjukkan kemandirian dan inisiatif belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara siswa yang menggunakan model SDL dan pembelajaran konvensional. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan varian kedua kelompok homogen. Uji T menunjukkan nilai T hitung 1,698 dengan signifikansi 0,05, mengindikasikan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Ini membuktikan bahwa model SDL secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Model SDL meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar, membuat mereka lebih aktif dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil belajar. Mereka juga lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pasca test yaitu 90,73 di kelas eksperimen dibandingkan kelompok kontrol yaitu 86,25, menunjukkan model SDL lebih efektif. Faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya keterampilan menulis meliputi kesulitan internal seperti memulai menulis dan memilih kata, serta faktor eksternal seperti kurangnya fasilitasi guru dan dominasi metode ceramah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:14
Last Modified: 26 Feb 2025 04:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7984

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item