Peran Guru Dalam Membentuk Krakter Mandiri Pada Anak Kelompok A di TK Al-Halim Kecamaan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Qomariyah, Suci Lailatul (2024) Peran Guru Dalam Membentuk Krakter Mandiri Pada Anak Kelompok A di TK Al-Halim Kecamaan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381062076-SAMPUL.pdf

Download (94kB)
[img] Text
20381062076-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
20381062076-HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
20381062076-ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
20381062076-DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
20381062076-BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
20381062076-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
20381062076-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
20381062076-BAB IV.pdf

Download (323kB)
[img] Text
20381062076-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
20381062076-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20381062076-KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (339kB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Mandiri, Anak Usia Dini Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak kelompok A di TK Al-Halim Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dan selain itu penelitian ini juga di latar belakangi oleh ketidak mandiri anak kelompok A di TK tersebut. Dimana sebagian besar anak di kelompok A masih bergantung pada gurunya baik dalam mengerjakan tugas, memasang tali sepatu, membukakan bungkus makanan dan membereskan kotak bekalnya. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian yang di kaji dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter mandiri pada anak kelompok A di TK Al-Halim Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat guru dalam membentuk krakter mandiri pada anak kelompok A di TK Al-Halim Kecamatan pademawu Kabupaten Pamekasan dan untuk mengetahui bagaimana solusi dari faktor-faktor penghambat guru dalam membentuk karakter mandiri pada anak kelompok A di TK Al-Halim Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang di gunkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang di peroleh dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber datanya ialah sumber data primer terdiri dari kepala sekolah, guru kelompok A dan orang tua murid sedangkan sumber data sekunder yaitu skripsi, buku dan jurnal sebagai tambahan teori. Adapun analisi datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivication. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan ketelitian dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran guru dalam membentuk karakter mandiri pada anak kelompok A di TK Al-Halim Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan menunjukkan bahwa guru telah menjalankan perannya dengan cukup baik meskipun perkembangan karakter mandiri anak masih sangat kurang. Dimana peran guru dalam membentuk karakter mandiri anak di TK AlHalim yaitu memberikan pemahaman positif, mendidik anak terbiasa rapi, memberikan permainan yang dapat merangsang sikap mandiri anak, memberikan anak kesempatan untuk memilih sesuai minatnya, membiasakan anak sesuai dengan tata krama dan memberikan motivasi untuk tidak malas-malasan. Adapun faktor yang menghabat guru di TK Al-Halim Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu anak tidak percaya diri, malas, dan tidak berani sehingga menyebabkan karaker mandiri anak terhambat, dan juga karena kurangnya pengalam guru dalam mementuk karakter mandri anak. Sedangkan solusi untuk mengatsi masalah ini adalah dengan cara melakukan pendekatan pada anak,meningkatkan atau mengembangkan pengetahuan guru tentang bagaimana cara membentuk karakter mandiri anak, memberikan kegiatan atau aktivitas- vi aktivias yang dapat merangsang karakter mandiri anak dan membiasakan anak untuk melakukan aktivitasnya sendiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:00
Last Modified: 28 Apr 2025 02:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8261

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item