Penerapan Metode Bernyanyi dalam Mengenalkan Bahasa Arab pada anak kelompok B di RA Raudhatul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan

Zaind, Emri Fatahillah (2024) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Mengenalkan Bahasa Arab pada anak kelompok B di RA Raudhatul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- SURAT PERSETUJUAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Emri Fatahillah z. 20381061045- SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (64kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Bahasa Arab, Anak Usia Dini Bahasa Arab seringkali dianggap sulit untuk dipelajari, namun memalui penerapan metode bernyanyi membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak. Berangkat hal tersebut peneliti mengangkat tiga rumusan masalah yang menjadi topik kajian pada penelitian ini: Pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada anak kelompok B di RA Raudhatul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada anak. Ketiga bagaimana evaluasi pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil evaluasi pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada anak kelompok B di RA Raudhatul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data pada penelitian ini melalui pengamatan secara terus menerus, perpanjangan masa obeservasi, dan triangulasi. Hasil temuan penelitian ini menujukkan bahwa: Pertama, perencanaan pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada anak kelompok B di RA Raudhatul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan terdiri dari beberapa tahapan yang telah disusun oleh para pendidik di RA Raudhatul Ulum, dimana terlebih dahulu menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, memilih kosakata bahasa Arab yang sesuai dengan tingan kemampuan anak, memilih lagu yang sesuai dengan dunia anak, pengenalan kegiatan pada anak, pengenalan kosakata, dan pada tahap akhir kegiatan pendukung seperti teka-teki. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada anak terdiri dari tahap pengenalan kosakata, pada tahap ini pendidik mendemonstrasikan terlebih dahulu barukemudian anak-anak secara bergantian, selanjutnya anak-anak diberikan kesempatan untuk berlatih pelafalan dan intonasinya. Setelah fasih baru dipadukan dengan lagu dan berlatih bernyanyi bersama. Pada tahap akhir pengulangan dan penguatan, pada bagian ini mengulang pemebelajaran yang sudah dipelajari untuk menguatkan ingatan anak atau dengan pembberian kuis atau teka teki pada saat kegitan menggambar atau mewarnai. Ketiga, evaluasi pembelajaran dengan metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa Arab pada Anak, jenis evaluasi yang digunakan para pendidik melalui tes performance, tes tertulis atau hasil karya, aktivitas interaktif, observasi, dan ceklis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:35
Last Modified: 23 Jun 2025 08:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8293

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item