Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Ummi di PAUD Tarbiyatus Shibyan Pamekasan

Maduri, Risma Shinta (2023) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Ummi di PAUD Tarbiyatus Shibyan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Cover_PIAUD.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Dafta_ Isi_PIAUD.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_BAB I_PIAUD.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Risma Shinta Maduri_19381062079_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PIAUD.pdf

Download (549kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi Dalam pembelajaran Al-Qur’an banyak sekali metode yang bisa digunakan, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Ummi. Dimana metode Ummi disini merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Al-Qur’an dengan tartil. Demikian pula yang terjadi di PAUD Tarbiyatus Shibyan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana implementasi metode Ummi pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di PAUD Tarbiyatus Shibyan Pamekasan, Kedua apa saja faktor penghambat dan pendukung metode Ummi pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di PAUD Tarbiyatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya yaitu kepala sekolah dan guru pengajar Al-Qur’an. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pembelajaran Al Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di PAUD Tarbiyatus Shibyan sudah cukup baik dimana hal itu dilihat dari banyaknya anak yang bisa dalam membaca Al-Qur’an yang dapat dilihat dari aspek kelancaran anak dalam mengeja dan adanya tingkat pemahaman anak terhadap huruf hijaiyah, dan sudah mengikuti sistem kurikulum dari metode Ummi Foundation Surabaya serta menyesuaikan dengan tahapan anak usia dini dalam belajar. Dan juga gurunya disini sudah mengikuti pelatihan tahsin dan sertifikasi Ummi serta implementasi yang digunakan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di PAUD Tarbiyatus Shibyan ini menggunakan 7 langkah tahapan pembelajaran diantaranya pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. Serta menggunakan sarana dan prasarana seperti alat peraga kalender Ummi, kartu pra dan buku jilid Ummi. Kedua, Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dari metode Ummi, dimana untuk faktor pendukungnya disini meliputi faktor guru yang sudah mengikuti pelatihan tahsin dan sertifikasi Ummi dan faktor metode baca simak murni dimana anak dikelompokkan dengan anak yang jilidnya sama. Sedangkan untuk faktor penghambatnya disini meliputi faktor guru, siswa dan baca simak murni seperti keterbatasan intelektual anak dan hambatan dalam baca simak murni itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:45
Last Modified: 23 Jun 2025 08:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8307

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item