Hasanah, Umrotul (2024) Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Al-Amien Desa Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
20170701062064_SAMPUL.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
20170701062064_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
20170701062064_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
20170701062064_ABSTRAK.docx Download (33kB) |
![]() |
Text
20170701062064_DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
20170701062064_BAB I..pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
20170701062064_BAB II..pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
![]() |
Text
20170701062064_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
![]() |
Text
20170701062064_BAB IV.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
20170701062064_BAB V..pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
![]() |
Text
20170701062064_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
20170701062064_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (284kB) |
Abstract
Kata Kunci:Metode Demonstrasi, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini Pendidikan anak usia dini berperan penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan kognitif anak dengan cara pemberian rangsangan pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak adalah memberikan pengajaran dengan menggunakan metode demontrasi. Penerapan metode demonstrasi dalam suatu pembelajaran diharapkan dapat membantu peserta didik memahami dengan apa yang telah disampaikan oleh guru, selain itu peserta didik juga diharapkan dapat mengeksplor pengetahuannya. Fokus penelitian adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi terhadap perkebangan kognitif anak usia dini di PAUD Al-Amien, dan manfaat penerapan metode demonstrasi terhadap perkebangan kognitif anak usia dini di PAUD Al-Amien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, informannya yang dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti adalah guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui ketekunan dan triangulasi. Hasil penelian menunjukkan bahwa; 1) Penerapan metode demontasi di PAUD Al-Amien dapat mempengaruhi terhadap perkembangan kognitif anak dan sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dikarenakan guru telah memperlihatkan atau memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja atau urusan proses kegiatan, selain itu guru juga telah memperlihatkan bentuk dari suatu benda. Seperti halnya guru menjelaskan terhadap peserta didik tentang angka dan transportasi, bentuk maupun macam-macam dan kegunaanya serta cara menggambarnya. Selain itu guru juga menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Sedangkan proses penerapannya dibagi menjadi tiga tahap; a) Menyiapkan materi, b) Proses demontrasi, c) Evaluasi/ Kesimpulan. 2) Manfaat penerapan metode demonstrasi di PAUD Al-Amien terhadap perkembangan kognitif anak antara lain: a) Peserta didik lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan, b) Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, c) Peserta didik bisa langsung menerapkan apa yang disampaikan oleh guru, d) Ingatan peserta didik lebih kuat tentang materi yang sudah disampaikan saat menggunakan metode demostrasi, e) Pesrta didik lebih aktif bergerak saat menggunakan metode demonstrasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:45 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8308 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |