Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di TK Kusuma Jaya

Elia, Latania Ila (2024) Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di TK Kusuma Jaya. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_SAMPUL_PIAUD.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Latania Ila Elia_20381062012_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_BAB 1 PENDAHULUAN_PIAUD.pdf

Download (578kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_BAB II KAJIAN PUSTAKA_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_BAB III METODE PENETIAN_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN PENLITIAN DAN PEMBAHASAN_PIAUD.pdf

Download (579kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_BAB V PENUTUP_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
LATANIA ILA ELIA_20381062012_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LATANIA_20381062012_PERNYATAAN KEASLIAN_PIAUD.pdf

Download (514kB)

Abstract

Kata Kunci : Pojok Baca, Keaksaraan Awal, Anak Usia Dini Kemampuan keaksaraan awal merupakan kemampuan mendasar yang dapat dikuasai oleh anak sebagai dasar untuk mempelajari pembelajaran lainnya, pembelajaran keaksaraan harus dilakukan pada anak-anak terutama kepada anak usia dini. Pembelajaran keaksaraan awal sangat penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan kemampuan anak, sehingga sebelum anak memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar, anak telah mampu melakukan keaksaraan awal sebagai dasar anak dalam membaca dan menulis. Dalam meningkatkan keaksaraan awal pada anak kelompok B di TK Kusuma Jaya pendidik memanfaatkan adanya pojok baca yang digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan awal. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus dan tiga tujuan dari penelitian ini, yaitu: pertama mendeskripsikan bagaimana pembelajaran pra membaca melalui pemanfaatan pojok baca pada anak kelompok B di TK Kusuma Jaya, kedua bagaimana pembelajaran pra menulis melalui pemanfaatan pojok pada baca anak kelompok B di TK Kusuma Jaya, ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran keaksaraan awal pada anak kelompok B di TK Kusuma Jaya. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah (pendamping guru kelas), guru kelas, wali murid dan hasil pengamatan peneliti di TK Kusuma Jaya. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data hasil penelitian peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam pembelajaran pra membaca melalui pemanfaatan pojok baca pada anak kelompok B, guru meminta anak kepojok baca dan membaca buku, setelah itu merangkai huruf sesuai dengan kata yang ada di dalam buku dan melafalkannya dan saat pembelajaran guru mengambil buku di pojok baca sesuai dengan tema dan meminta anak untuk membaca yang ditunjuk guru. Kedua, dalam pembelajaran pra menulis melalui pojok baca yaitu guru meminta anak untuk kepojok baca untuk memilih buku dan merangkai kata sesuai dengan yang ada di buku dan menuliskannya dan saat pembelajaran guru mengambil buku sesuai tema dan anak menuliskan kata yang ditunjuk guru. Ketiga, faktor pendukung keaksaraan awal anak yaitu ketersediaan bahan bacaan, peran guru, peran orang tua, lingkungan, interaksi sosial, serta penghargaan dan penguat positif. Sementara faktor penghambat keaksaraan awal anak yaitu pelafalan huruf pada kata, kurangnya dukungan dari sebagian keluarga dan ketidak seimbangan perhatian dan aktivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:18
Last Modified: 03 Jul 2025 07:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8319

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item