Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual untuk perkembangan bahasa Anak kelompok B di paud Nurus-sholah batulabang akkor Palengaan pamekasan

Nurlaili, Siti (2024) Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual untuk perkembangan bahasa Anak kelompok B di paud Nurus-sholah batulabang akkor Palengaan pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-SAMPUL_PIAUD.pdf

Download (244kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (474kB)
[img] Text
SITI NURLAILI20381062061_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (363kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (35kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-BAB I_PIAUD.pdf

Download (562kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-BAB IV_PIAUD.pdf

Download (903kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061-BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
SITI NURLAILI_20381062061_ KEASLIAN TULISAN-PIAUD.pdf

Download (181kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Audio visual Perkembangan bahasa anak Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasaan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak yaitu aspek perkembangan bahasa, dalam mengembangkan bahasa pada anak diperlukan adanya media yang menarik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama, Bagaimana Penerapan metode bercerita melalui media Audio visual pada anak kelompok B di PAUD Nurus-sholah Batulabang Akkor Palengaan pamekasan. Kedua, Bagaimana perkembangan bahasa anak kelompok B dengan penerapan media audio visual di PAUD Nurus-sholah Batulabang Akkor Palengaan pamekasan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data memakai tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang diperoleh di sederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan juga guru PAUD Nurus-sholah batulabang akkor palengaan Pamekasan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan metode bercerita dengan media Audio visual untuk perkembangan bahasa anak kelompok B dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu: mendengarkan cerita dan mengamatinya setelah itu membaca judul cerita bersama, kemudian menceritakan ulang cerita yang sudah di lihatnya, Hal tersebut dilakukan karena tidak semua anak yang masuk PAUD itu sudah memiliki bekal atau mengetahui tentang perkembangan bahasa maka dari itu media Audio visual sangat cocok digunakan sebagai alat pembelajaran. Selanjutnya perkembangan bahasa anak berkembang baik ketika menggunakan media Audio visual saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:59
Last Modified: 03 Jul 2025 07:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8338

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item